August 12

4 Metode Evaluasi Training yang Ampuh Untuk Mengetahui Keberhasilan Pelatihan Anda

0  comments

Evaluasi training yang benar bisa dirasakan manfaatnya terutama bagi stakeholder yang melakukan training, selain itu dari sana kita juga bisa melihat keberhasilan training yang dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan berdasarkan TNA, sebelumnya silahkan dipastikan pembuatan TNA yang benar.

Sering terjadi bagaimana training yang dilakukan tanpa mempertimbangkan perencanaan cara yang tepat untuk mengukur keberhasilan training karyawan. Sehingga keberhasilan hanya sekedar dilihat secara subjektif, disini kita membedah manfaat evaluasi training, cara pembuatan evaluasinya dan bagaimana pelaksanaanya.

Berdasarkan langkah pelaksanaan evaluasi training dapat dibagi menjadi 3 yaitu di area perencanaan, proses dan hasil/produk.

Evaluasi perencanaan

Proses evaluasi perencanaan dijadikan untuk menilai bagaimana persiapan sebuah training yang telah dijalankan. Kami dapat memberikan pendampingan untuk anda dalam membuat perencanaan training, KLIK DISINI

Lalu bagaimanakah cara untuk mengevaluasi perencanaan? Berikut penjelasannya.

  1. Tujuan pelatihan
  2. Menentukan partisipan
  3. Kerangka waktu
  4. Menentukan metode training

Evaluasi proses

Evaluasi di area proses ini menitik beratkan pada seberapa baik pelaksanaan training yang dilakukan, atau bagaimana evaluasi berjalan. Berikut metode yang tepat untuk melakukan evaluasi proses training:

  1. Observasi trainer
  2. Observasi pihak ke 3
  3. Kuesioner
  4. Diskusi dengan peserta
  5. Staff meeting

Evaluasi Hasil/produk

Fokus pengukuran pada area hasil dari hasil dari training itu sendiri, bagaimana pengaruhnya terhadap perusahaan pasca pelaksanaan training. Cara untuk mengevaluasi hasil/produk dari training

  1. Menentukan Waktu
  2. Menggunakan teknik Triangulasi
  3. Analisis dampak
  4. Capaian target
  5. Memuaskan user

Pembagian yang telah dijelaskan diatas dilihat dari urutan pelaksanaanya,

Ada pula model evaluasi yang berjenjang yang telah dioperasionalkan oleh training atau operator training.

Model ini dicetuskan oleh seorang Donald Kirkpatrick, Ph.D seorang profesor di Universitas Wisconsin, sekaligus presiden dari American Society for Training and Development (ASTD). Model evaluasi ini mulanya merupakan subjek penelitiannya untuk meraih gelar doktoral, model ini dikenal sebagai model evaluasi kirkpatrick.

Model evaluasi kirkpatrick yang akan kami bahas hingga level 4 saja meskipun banyak media lain yang menjelaskan perihal evaluasi hingga ke level yang lebih advance dengan mengukur seberapa pengaruh yang ditimbulkan training dari segi keuangan.

Level 1: Reaction

Evaluasi level 1 ini mengukur bagaimana perspektif peserta ketika pelatihan tersebut selesai dilaksanakan. Tujuan utama proses evaluasi reaction adalah untuk mendapatkan umpan balik atas reaksi peserta dari proses pengalaman belajar, baik itu terkait kelas, materi, instruksi dan relevansi materi dengan pekerjaannya.

Proses ini dilakukan dengan membuat list pertanyaan (antara 8-15 aitem) yang ingin di feedback, lalu membuat form berupa data terkuantifikasi dari reaksi peserta, dalam form juga bisa dicantumkan saran untuk pengembangan pelatihan kedepan, perlu memastikan kepada peserta untuk mengisi formulir secara penuh dan yang terakhir disarankan untuk tidak mencantumkan nama atau identitas lainnya.

Level 2: Learning

Dalam proses training dimanapun setidaknya ada 3 potensi tujuan yang ingin dicapai yaitu pengetahuannya bertambah, keterampilan bertambah dan mampu merubah perilakunya dalam pekerjaan, nah pada level 2 ini akan mengukur pada area pengetahuan peserta.

Metode yang digunakan dalam mengevaluasi learning bisa menggunakan paper based, online atau menggunakan performance test. Perlu diperhatikan bahwa semua peserta harus mengisi tahap evaluasi learning ini agar pengukurannya maksimal.

Isi dari pertanyaan yang akan diajukan dapat mengacu pada taksonomi bloom disesuaikan dengan topik pelatihan yang dilaksanakan, hasil dari evaluasi ini diharapkan sebagai landasan perlakuan yang selanjutnya akan dilakukan. 

Level 3: Behavior

Evaluasi level 3 untuk memastikan apakah materi dari pelatihan yang didapatkan mampu merubah perilaku dari trainee yang telah dilatih, level evaluasi ini pastinya akan meningkat tingkat kesulitannya dibanding level sebelumnya.

Beberapa asumsi yang membuat mengapa level ini lebih sulit dilakukan antara lain, trainee tidak dapat merubah perilakunya sampai dia mendapatkan kesempatan untuk melakukannya, sulit untuk memprediksi kapan perilaku yang diinginkan muncul, dan yang juga mempengaruhi adalah pengaruh aspek eksternal yang mampu membuat trainee menerapkan perilakunya.

Cara untuk melakukan evaluasi level 3 adalah dengan menentukan waktu yang tepat saat perilaku yang diharapkan muncul, lebih baik evaluasi bisa dilakukan sebelum dan sesudah training, mempertimbangkan metode penilaian yang bisa dilakukan, mengulangi evaluasi agar memastikan bahwa perilaku yang muncul valid, dan memastikan semua peserta/sample mendapatkan penilaian.

Level 4: Result

Tahap evaluasi ini merupakan tahapan terpenting dan paling sulit dilakukan, dimana banyak hal yang akan dipertimbangkan untuk mengetahui kesesuaian pelatihan.

Beberapa pertanyaan yang dapat diterapkan untuk evaluasi tahap hasil mengenai seberapa banyak dampak peningkatan kualitas trainee, seberapa peningkatan produktivitasnya, bagaimana dampaknya bagi konsumen, seberapa dampak ekonomi yang bisa ditekan, dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Proses yang dilakukan untuk evaluasi level 4 bisa menggunakan kelompok kontrol, mengidentifikasi waktu yang tepat untuk mengetahui pencapaian hasil, menilai sebelum dan sesudah training apabila memungkinkan, jika diperlukan maka lakukan pengulangan penilaian, dan perlu diperhatikan bahwa tahapan ini fokus pada hasil pelatihannya pada area manapun. 

What’s Next?

Secara garis besar pelaksanaan evaluasi training ini dapat terlaksana apabila pelaksanaan training itu sendiri telah dipersiapkan dengan baik, kami akan memberikan pendampingan kepada anda untuk membuat training perusahaan anda dengan baik, KLIK DISINI

Jadi bagaimana pelaksanaan training di perusahaan anda? Apakah sudah sesuai dan apakah tingkat keberhasilannya telah diukur dengan baik? Mari berdiskusi dengan menghubungi kami di sinergiaconsultant.com/kontakkami


Tags


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>