January 17

Strategi dalam menyikapi Pro Kontra PERPPU No. 2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja

0  comments

Maraknya info yang simpang siur tentang cipta kerja terbaru wajib menjadi perhatian tersendiri bagi para Business Owner,

Melanjutkan kisah dari Mr.Erick yang dalam bulan ini sedang melakukan review tentang kenaikan upah untuk tim diperusahaan retailnya. Namun belum selesai melakukan review kenaikan upah, ternyata Mr. Erick mendapatkan berita dari tim Human Capital. Berita yang disampaikan itu terkait dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – Undang (Perppu) No.2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja. Dengan ada nya informasi itu Mr. Erick tidak langsung panik tetapi mencoba mencerna dan mencari tahu lebih dalam lagi dampak apa yang ditimbulkan oleh Perppu itu untuk perusahaannya (Khususnya retail).

Dalam hal ini MR Erick sadar perlu berhati – hati dengan adanya berbagai informasi. Oleh sebab itu dari informasi yang ada Mr. Erick meminta tim Human Capital untuk memperbanyak sumber bisa melalui pembelajaran dan informasi, Sehingga Mr. Erick tim Human Capitalnya mulai mencari informasi dengan cara mengikuti seminar, pembelajaran, atau melalui media social lain. Saat meminta tim Human Capitalnya Mr. Erick juga berpesan saat belajar atau mencari informasi perhatikan beberapa hal berikut :

1. Baca menyeluruh semua informasi, jangan hanya judul dan poin

Media informasi sosial saat ini merupakan salah satu tempat atau sumber informasi yang sangat muda untuk didapatkan. Dengan hanya kita duduk dan membuka HP kita sudah bisa membuka berbagai media sosial atau informasi yang dibutuhkan.

Eitss, tapi dalam penggunaannya kita tidak bisa membaca sekilas dari judul atau poin – poinnya kemudian mengambil sebuah kesimpulan dari suatu kejadian. Alangkah baiknya kita membaca secara utuh informasi itu, sehingga kita mengetahui ulasan secara menyeluruh dari informasi yang sedang Anda baca.

2. Membandingan dengan situs atau media

Setelah membaca sebuah informasi dari media sosial alangkah baiknya tidak berhenti sampai situ, kemudian kita memutuskan sesuatu. Alangkah baiknya Anda bisa membaca beberapa berita yang sesuai untuk melihat beragam sudut pandang dari para penulis berita.

Dalam hal ini disarankan membaca minimal 5 informasi agar Anda mendapatkan gambaran secara menyeluruh terkait informasi yang sedang beredar khususnya saat ini dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – Undang (Perppu) No.2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

3. Baca dari sumber yang terpercaya

Diluar sana menerbitkan sebuah informasi di media sosial saat ini cukup mudah dan dengan adanya beberapa fasilitas yang memadai saat ini. Mudahnya terbit media informasi yang bisa dikonsumsi itu yang perlu kita kaji bersama jangan sampai sumber informasi yang Anda miliki bukan sumber informasi yang tepat.

Mencari sumber informasi yang tepat di era saat ini sangat penting, apabila Anda seorang Business Owner seperti Mr. Erick. Karena dengan informasi yang tepat Anda akan mendapatkan gambaran dari secara tepat dan saat Anda mengambil keputusan dari informasi tersebut. Keputusan yang Anda buat untuk organisasi ada keputusan yang tepat pula.

Apabila Anda seorang Human Capital atau Practitioner Leaders dengan adanya informasi yang tepat Anda dapat memberikan informasi yang tepat pula untuk atasan dan tim Anda.

Nah begitu pesar Mr. Erick saat meminta timnya untuk mencari sebuah informasi. Karena deg – degan juga ya… kalau informasi yang dibawa itu tidak tepat. Saat perlu mengambil keputusan dari hal tersebut jadi keputusan yang kurang tepat.

Setelah 2 minggu atas terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – Undang (Perppu) No.2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja di berbagai media sosial dan pembelajaran yang dilakukan oleh tim Human Capitalnya. Mr. Erick mulai mulai menanyakan kepada timnya apa ini yang didapatkan dari pembelajaran dan informasi yang di cari? Dalam hal ini tim Human Capital mulai menjelaskan apa yang dia dapatkan setelah mendapatkan informasi dan belajar beberapa hal berikut :

  1. Dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – Undang (Perppu) No.2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja ini dikeluarkan karena ada kondisi mendesak untuk membangun suatu iklim investasi yang kondusif.
  2. Kondisi dunia ini sedang tidak baik-baik saja, ancaman ancaman risiko ketidakpastian itu yang menyebabkan kita mengeluarkan perppu
  3. Perlu ada tindakan antisipasi pada kondisi global baik yang terkait ekonomi maupun resesi global dari peningkatan inflasi
  4. Terkesan Perppu ini diterbitkan mendadak dan isi dari dari Perppu sendiri tidak ada perubahan yang cukup signifikan, seperti copy paste dari Undang – Undang Cipta Kerja
  5. Dalam pembuatan Perppu ini tidak melalui Objective
  6. Adanya pembangunan iklim investasi yang kurang melihat hak – hak pekerja

Sebenarnya masih banyak lagi mendapatkan atau pembelajaran yang didapatkan oleh tim Human Capital terkait dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – Undang (Perppu) No.2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja. Akan tetapi dalam hal ini Mr. Erick dan tim Human Capital membuat beberapa strategi agar pro kontra dari Perppu ini tidak berdampak atau memberikan efek yang kurang baik di lingkungan :

  1. Mr. Erick dan tim Human Capital mulai meningkatkan engagement karyawan dengan cara membuat kegiatan – kegiatan bersama karyawan.
  2. Mr. Erick dan tim Human Capital memberikan edukasi positif untuk meningkatkan skill dan kemampuan tim.
  3. Mr. Erick dan tim Human Capital tetap berkomitmen untuk memberikan peningkatan upah sesuai dengan kenaikan UMK/UMP.
  4. Mr. Erick dan tim Human Capital membangun kesepakatan bersama dengan karyawan untuk membangun iklim lingkungan yang produktif dan kondusif.
  5. Tetap mengikuti perkembangan informasi terkait dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – Undang (Perppu) No.2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja

Berikut merupakan strategi yang dilakukan oleh Mr. Erick dan tim Human Capital untuk menjaga lingkungan kerja tetap kondusif di tengah isu pro dan kontra dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – Undang (Perppu) No.2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja. Nah di perusahaan Anda strategi apa yang telah Anda lakukan? Kalau Anda masih bingung atau perlu pendampingan terkait strategi – strategi dalam melakukan pengembangan SDM Anda dapat menghubungi dan berdiskusi dengan kami di https://sinergiaconsultant.com/kontakkami. Hal ini juga dilakukan Mr. Erick dan tim Human Capital untuk berkonsultasi kepada lembaga yang tepat saat stuck dalam melakukan pengembangan SDM atau strategi – strategi di bidang Human Capital.

Reading Club

https://www.youtube.com/watch?v=q1VcGGYU05c&t=1027s

https://www.youtube.com/watch?v=Z26ArPwYfnE&t=464s

https://www.republika.co.id/berita/rnufpb436/pro-kontra-perppu-cipta-kerja-jokowi-hal-biasa-pemerintah-bisa-jelaskan

https://www.facebook.com/1381569269/videos/865958014655620/

Wisnu Ardhi


Saya senang bekerja dengan banyak perusahaan untuk menciptakan struktur SDM yang kuat melalui kemampuan dan kompetensi untuk menjawab kebutuhan jaman sehingga tercipta tim yang profesional dan hebat.


Tags


You may also like

Pelbagai Perusahaan Besar Dunia Beramai-Ramai Memberhentikan Ratusan Hingga Ribuan Karyawannya, Apa yang dapat dipelajari? 

Pelbagai Perusahaan Besar Dunia Beramai-Ramai Memberhentikan Ratusan Hingga Ribuan Karyawannya, Apa yang dapat dipelajari? 
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>