May 9

Masih Ragu? Ini Pentingnya Punya Program People Development di Perusahaan

0  comments

Banyak perusahaan yang enggan mengalokasikan sebagian dananya untuk merancang program people development bagi karyawannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa sekarang adalah saat yang tepat untuk mempertimbankan memiliki program people development.

Perusahaan yang sudah berjalan dan mendapatkan omzet yang tinggi terkadang merasa bahwa saat ini kondisi perusahaan sudah aman dan tentram. Padahal, kondisi tersebut belum tentu bisa dipastikan 100% kebenarannya.

Hal ini seringkali terjadi dalam perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang, dimana para Business Owner masih terfokus untuk mendapatkan omzet sebesar-besarnya untuk bisa mengembangkan dan menumbuhkan perusahaannya lebih tinggi.

Tapi, Anda sebagai Business Owner tida bisa hanya berhenti dan hanya mematok omzet sebagai kriteria keberhasilan perusahaan.

Mungkin saja, saat ini Anda merasa bahwa perusahaan sudah ada di jalur yang tepat. Tapi bagaimana untuk 1 tahun, 2 tahun, atau bahkan 5 tahun ke depan? Yakinkah Anda mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan performa SDM Anda?

Karena tidak menutup kemungkinan, kompetitor-kompetitor bisnis Anda saat ini sudah merancang strategi untuk tahun-tahun mendatang.

Untuk merancang strategi bisnis yang mutakhir, Anda dan tim harus bisa agile dalam melihat peluang dan kebutuhan di masa mendatang, seperti:

Banyak Masalah SDM dan Bingung Mana yang Harus Diprioritaskan?

Gunakan tool gratis yang kami sediakan ini dengan Klik Tombol di bawah ini, GRATIS

  • Tren Branding dan Marketing perusahaan
  • Tren teknologi (Tech Savvy)
  • Tren Komunikasi
  • Prediksi kompetensi yang diperlukan di masa mendatang (dapatkan akses gratis ebook kamus kompetensi)
  • Tren investasi dan arus perputaran uang

Selain hal diatas, masih banyak lagi hal-hal yang dapat menjadi bahan analisa Anda kedepannya. Agar Anda tidak ketinggalan dan tetap update dengan tren-tren bisnis lainnya, Anda bisa bergabung dengan Komunitas Grup Telegram kami.

Cara untuk bisa tetap mengikuti perkembangan dan tren-tren tersebut adalah dengan mengembangkan karyawan-karyawan di perusahaan Anda.

Ingatkah Anda betapa maraknya penggunaan aplikasi meeting online seperti ZOOM, Google Meet, dan aplikasi-aplikasi lain yang ramai digunakan saat pandemic melanda?

Hal ini secara langsung memaksa Anda para Business Owner dan HC Practitioner untuk bisa agile mengikuti perkembangan yang terjadi demi kelancaran komunikasi dalam organisasi perusahaan.

Waktu dan tenaga tentu perlu dialokasikan untuk mengakomodasi karyawan-karyawan yang belum familiar dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Bahkan, diantara mereka mungkin belum memiliki device yang memadai.

Apabila dijabarkan sedikit, yang Anda butuhkan untuk mengembangkan sebuah skill atau kompetensi baru kepada karyawan Anda adalah:

Banyak yang perlu disiapkan untuk mengembangkan kompetensi karyawan. Belum ditambah dengan materi dan bahan ajar yang perlu disiapkan untuk mengakomodir mereka.

Cukup Merepotkan bukan?

Tenaaang, Anda dapat mendapatkan dokumen template yang bisa Anda gunakan segera. Segera dapatkan aksesnya DI SINI!

Dan Anda pun berpikir, “andai saja perusahaan sudah mengajari mereka dari awal tentang ini, pasti para karyawan sudah siap untuk menghadapi perubahan ini”

Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk memiliki program people development. Berikut mengapa Anda perlu segera mempertimbangkannya:

  1. Meningkatkan kemampuan dan produktivitas karyawan

Adanya program pengembangan karyawan membantu mereka untuk dapat mengasah kekuatan dan mengembangkan keterampilan yang cocok untuk peran mereka saat ini. Beberapa pelatihan juga berkesempatan untuk memberikan mereka cara kerja yang lebih efektif dan efisien. Hal Ini sekaligus memberikan value atau nilai lebih pada pekerjaan yang mereka lakukan, dimana mereka tidak hanya sekedar bekerja, tapi juga dapat mendapatkan kompetensi dan skill baru. Cek juga kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan dimasa mendatang DISINI

  1. Menarik ketertarikan para jobseeker

Dengan kultur perusahaan yang baik, maka Anda tidak perlu susah payah mencari kandidat. Adanya program people development di perusahaan menumbuhkan kultur belajar yang akan menjadi daya tarik bagi para jobseeker-jobsekeer yang diprediksi memiliki ketertarikan untuk terus mengembangkan dirinya. Setelah itu, Anda dapat menggunakan FREE TOOLS Guideline,panduan, serta Tips & Trik wawancara untuk memperlacar kegiatan rekrutmen dan seleksi Anda.

  1. Sebagai sarana employee retention

Berdasarkan survei hiring oleh learnmore.monster.com, 45% karyawan lebih condong untuk bertahan dalam pekerjaannya saat ini apabila mendapatkan program pelatihan yang sesuai dari perusahaan. Memberikan program pelatihan pada karyawan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan karir mereka, yang mana akan memberikan dampak positif juga terhadap keberlangsungan perusahaan. Pelajari juga tentang employee retention dalam rekaman LIVE ONLINE TRAINING: Membangun Kultur Perusahaan yang Baik Untuk Employee Retention

  1. Menangani situasi yang tidak terduga dengan lebih baik

Tren dan perubahan bisnis saat ini mengalami perubahan yang cukup pesat. Di mana perubahan itu dapat menjadi tantangan tersendiri bagi Anda para Business Owner dan HC Practitioner untuk dapat beradaptasi dengan iklim bisnis yang kerap berganti. Seperti yang disebutkan sebelumnya di atas, dengan memberikan program pelatihan yang rutin, maka HC Practitioner akan selalu update dengan kondisi dan tren-tren bisnis untuk nantinya dibagikan kepada para karyawan. Hal ini membuat karyawan Anda semakin adaptif terhadap perubahan-perubahan di masa yang akan datang.

  1. Menghemat biaya rekrutmen

Program people development yang baik akan memberikan employee retention yang baik pula, yang mana ini akan menghemat biaya dan tenaga Anda untuk melakukan proses rekrutmen yang berulang.

  1. Kesempatan Melahirkan Leader baru

Good employer merupakan bibit dari good leader. Program people development memudahkan Anda dalam mengobservasi calon-calon leader yang ada di perusahaan Anda. Atau bahkan Anda dapat membuat program khusus yang mencakup Leadership dan menggunakan FREE TOOLS LEADER’S SELF DISCOVERY TOOLS untuk mengtahui tipe kepemimpinan karyawan Anda dan mempelajari cara yang tepat untuk mengembangkan kompetensi leaderhsipnya. Dapatkan FREE TOOLSnya DISINI

So… What’s Next?

Setelah Anda mengetahui pentingnya program people development dan juga manfaatnya, tertarikkah Anda untuk mengimplementasikannya di perusahaan Anda? Pelajari dulu lebih lanjut di HCA Online Mentoring Program Modul 4: People Development

Apabila Anda masih penasaran dan ingin berdiskusi lebih lanjut tentang people development, silakan hubungi kami di https://sinergiaconsultant.com/kontakkami 

Let’s Grow!

Naufal Fathanah



Tags


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>