May 30, 2023

5 Prompt Chat GPT ini Bisa Membantu Anda Memaksimalkan Produktivitas SDM!

0  comments

Dalam era digital saat ini, teknologi terus berkembang dan memberikan dampak besar pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia bisnis Dalam era digital yang terus berkembang, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi salah satu teknologi yang paling berpengaruh di berbagai industri. 

AI memiliki potensi yang luar biasa untuk mengubah cara bisnis beroperasi dan bagaimana profesional sumber daya manusia (Human Resources Development atau HRD) melaksanakan tanggung jawab mereka. Oleh karena itu, penting bagi para pemilik bisnis dan HRD untuk memiliki kesadaran yang kuat terhadap AI dan dampaknya dalam lingkungan kerja.

Teknologi terus berkembang, dan AI merupakan salah satu tren yang paling cepat. Awareness yang baik terhadap AI memungkinkan para pemilik bisnis dan HRD untuk tetap berada di garis depan perubahan tersebut. Mereka dapat mengikuti perkembangan terbaru, mempelajari tren industri terkini, dan menyesuaikan strategi bisnis serta praktik HRD mereka untuk tetap bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Tapi kok saya belum merasakan perubahannya di tim kami ya?

Sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda dan bisnis Anda untuk mencoba menggunakan tools-tools AI yang bertebaran di internet. Mau tidak mau, Anda harus memberikan wawasan tentang hal ini pada tim Anda! jangan sampai bisnis Anda tertinggal dan kalah saing dengan perusahaan lain. 

Untuk meningkatkan keunggulan kompetitif bisnis Anda, sangat penting untuk menjalankan eksplorasi dan penerapan alat AI yang tersedia di internet saat ini. AI telah membuktikan dirinya sebagai alat yang sangat berguna dalam mempercepat dan meningkatkan efisiensi berbagai aspek bisnis (setidaknya untuk saat ini). 

Berkenalan dengan Chat GPT

Siapa yang tidak kenal ChatGPT? Tools ini sangat manjur digunakan bagi HR sebagai “teman” untuk berdiskusi dan berinteraksi dengan dunia luar. 

Sebagai model chatbot, ChatGPT didesain untuk berinteraksi dengan pengguna melalui percakapan teks. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan atau memberikan pernyataan, dan ChatGPT akan mencoba memberikan respon yang relevan dan informatif. 

Contoh pertanyaan yang bisa HR Anda berikan untuk ChatGPT: 

  • Membuat Email ke kandidat

“Saya akan memberi Anda deskripsi pekerjaan dan Anda akan menulis email untuk mencoba melibatkan seorang kandidat. Mulailah dengan minat potensial mereka dalam pertumbuhan karier, lalu tunjukkan peluangnya. Uraikan manfaat dan potensinya, meyakinkan. Gunakan terminologi industri. Singkat, jangan gunakan kata-kata yang tidak perlu. Bersikaplah ramah. Gunakan ajakan bertindak, tambahkan rasa urgensi”.

  • Persiapan Peninjauan Kinerja

“Saya akan memulai tinjauan kinerja saya untuk tahun 2022, apa saja 15 pertanyaan yang harus saya tanyakan pada diri saya sendiri untuk benar-benar mendorong pemikiran saya dan benar-benar memahami seperti apa kinerja saya tahun lalu?”

  • Kompetensi Gap Karyawan

“Bisakah Anda menulis template brainstorm yang dapat saya kirim ke karyawan di mana mereka dapat memikirkan tentang peran apa yang mereka inginkan di masa depan, keterampilan apa yang mereka miliki, dan pengembangan apa yang mungkin dapat mereka lakukan dalam pekerjaan untuk membantu memajukan karier mereka. beri mereka banyak ruang dan ajukan pertanyaan mendetail yang akan membantu mereka memikirkan rencana karir mereka”

  • Kata Kunci untuk Job Description

“Bertindak seperti seorang peneliti. Beri saya daftar kata kunci untuk deskripsi pekerjaan untuk insinyur perangkat lunak dengan gelar sarjana dalam ilmu atau teknik komputer dan setidaknya tiga tahun pengalaman dengan Java”.  Anda juga dapat melengkapinya dengan TEMPLATE JOB DESCRIPTION yang ada di HCA Online Mentoring Program.

  • Survei Onboarding Progress

“Buat survey dengan 5 pertanyaan terbuka untuk karyawan baru yang akan membantu kami meningkatkan pengalaman untuk karyawan mendatang”

Meskipun ChatGPT memiliki kemampuan untuk memahami dan menghasilkan teks dengan baik, tetapi model ini tidak memiliki pemahaman konteks yang lebih luas di luar data teks yang telah diperoleh selama pelatihan. Oleh karena itu, ada kemungkinan ChatGPT memberikan informasi yang tidak akurat atau tidak sepenuhnya relevan tergantung pada masukan yang diberikan.

PERHATIAN! Jangan Gunakan Sembarangan…

Meskipun Chat GPT dapat menjadi alat yang efektif, kekurangan dan keterbatasannya juga harus dipertimbangkan.

Akurasi masih dipertanyakan

Basis pengetahuan Chat GPT terbatas pada peristiwa dan informasi hingga tahun 2021 karena banyaknya sumber daya komputasi dan pemrosesan data yang diperlukan untuk memperbarui pelatihannya. Sangat penting untuk mengevaluasi informasi yang disajikan oleh ChatGPT secara menyeluruh. Oleh karena itu, Anda perlu mengkolaborasikan data-data yang Anda dapatkan tersebut dengan video pembelajaran dari HCA ONLINE MENTORING PROGRAM, akses juga template-template yang bisa membantu produktivitas tim Anda.

Tanggapan yang masih terkesan generik

Chat GPT tidak dapat menghasilkan tanggapan tepat yang selaras sempurna dengan nuansa budaya dan filosofi setiap perusahaan tanpa menerima masukan yang sangat spesifik. Chat GPT tidak mengetahui seluk beluk bisnis Anda dan bagaimana cara Anda menjalankan kegiatan operasional di perusahaan. Pertimbangkan baik-baik apabila Anda ingin mengambil saran yang diberikan oleh Chat GPT.

So? What’s Next?

Chat GPT adalah sebuah tools yang fungsinya adalah untuk membantu para pengguna mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Meski terkesan sangat pintar, Chat GPT perlu diperlakukan seperti halnya tools yang membantu kita menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. 

Mau bagaimanapun, perannya perlu untuk dibarengi dengan sentuhan manusia dan tidak bisa berjalan dengan sendirinya. Selamat berkreasi dengan Chat GPT

Apabila Anda tertarik untuk menyelami lebih dalam tentang AI dan kolaborasinya dengan manusia, segera daftar di HC Conference 2023: High Tech and High Touch Transformation di https://www.sinergiagroup.id/admin

Let’s SMASH!

Naufal Fathanah


Saya merupakan seorang yang selalu lapar akan pengetahuan baru, update, serta banyak penyusun lainnya. Human captal merupakan keilmuan yang saya kuasai dengan beragam dinamika didalamnya, mengelolah manusia dalam setting organisasi perencaranaan dan melaksanakan pengembangan untuk kebaikan dirinya dan organisasi secara umum.


Tags


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>