June 19

5 Manfaat Ini Akan Anda Dapatkan Saat Menuntaskan PP

0  comments

Wajib hukumnya bagi perusahaan untuk memiliki aturan bersama yang mengatur apa yang menjadi hak dan kewajiban bersama. 

Hal ini juga berlaku dalam perusahaaan, ketika pengusaha maupun pekerja mengetahui secara pasti apa yang menjadi hak dan kewajibannya demi terwujudnya dan terpeliharanya keselarasan antara peningkatan produktivitas perusahaan dan kesejahteraan para karyawan di dalamnya.

Maka dari itu, Diperlukan sebuah peraturan yang memuat tentang apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. 

Membuat peraturan perusahaan bukan perkara yang dapat dilakukan satu malam. Butuh ketelitian, kejelian, serta kepekaan Anda terhadap segala kebutuhan dan kepentingan perusahaan. 

Peraturan perusahaan harus menjadi penghubung dan mengakomodir dari apa yang menjadi dasar kesepakatan antara pihak – pihak terkait. Yaitu dari pihak perusahan, para pekerja/SDM, dan pemerintah sebagai pemantau kebijakan yang sedang berlaku.

Dalam membuat peraturan perusahaan, diperlukan beberapa hal wajib yang perlu Anda sertakan di dalamnya. Baca selengkapnya di Sudah Adakah 5 Hal Ini Dalam Peraturan Perusahaan Anda?

Dengan cukup banyaknya hal yang perlu dipertimbangkan dalam membuat PP, tidak jarang Human Capital Practitioner yang tidak menuntaskan proses pembuatan PP ini hingga selesai. Sebagian bahkan merasa bahwa manfaat dan dampak dari diberlakukannya PP hanya akan menghambat perusahaan dan seolah membuat perusahaan terlihat “kalah” di hadapan para karyawannya.

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat yang didapat dari diberlakukannya sebuah PP di perusahaan?. 

Banyak Masalah SDM dan Bingung Mana yang Harus Diprioritaskan?

Gunakan tool gratis yang kami sediakan ini dengan Klik Tombol di bawah ini, GRATIS

1. Secara tidak langsung dapat melindungi konsumen produk Anda

Saat perusahaan mulai memberlakukan PP dan karyawan sepakat untuk mengikuti aturan tersebut, konsumen juga diuntungkan. Bekerjasama dengan karyawan yang sedang dalam kondisi aman akan membuat konsumen produk Anda juga nyaman. karyawan akan merasa nyaman karena dilindungi dan para konsumen pun juga merasa aman saat menjalin kerjasama dengan perusahaan. 

Kedua hal ini akan mengarah pada kepuasan pelanggan, dan pada akhirnya juga akan berdampak pada loyalitas pelanggan. Ketika pelanggan senang, ada lebih sedikit keluhan yang harus ditangani oleh perusahaan. Yang lagi-lagi, secara tidak lansung akan berdampak pada moral perusahaan Anda juga

Bayangkan berapa keuntungan yang berpotensi Anda capai dikarenakan refund, penyetokan ulang, dan komplain dari konsumen yang berkurang. HC Practitioner dan tim lain juga dapat menggunakan waktunya untuk melakukan hal yang lebih produktif dibandingkan ketiga hal tersebut. 

Hal ini juga memungkinkan pelanggan untuk memberikan review positif terhadap bisnis Anda. Semua hal ini membantu bisnis tumbuh secara efisien, dan dengan reputasi positif. Para konsumen tentunya suka berbisnis dengan perusahaan yang mereka percayai dan sukai. Jika tim Anda mengikuti aturan dan regulasi, ini adalah langkah pertama untuk membangun citra baik perusahaan yang lebih besar untuk sukses.

2. Secara langsung dapat melindungi Perusahaan.

Dalam pengertian yang paling mendasar, manfaat aturan dan regulasi dalam bisnis adalah melindungi perusahaan. Dengan melindungi karyawan, HC Practitioner juga melindungi perusahaan dari tuntutan hukum. Mengikuti aturan dan peraturan membantu karyawan memahami apa yang diharapkan dari mereka dan apa yang akan terjadi jika mereka melanggar aturan.

Hal ini akan membuat lingkungan kantor yang kondusif di mana para karyawan akan merasa aman untuk datang bekerja, menjadi diri mereka sendiri dan menjalankan bisnis mereka. Hasilnya adalah turnover rate yang lebih kecil dan kerja tim yang optimal.

3. Menciptakan keteraturan

Ini merupakan hal yang paling umum didambakan oleh HC Practitioner, memang bahwa peraturan perusahaan dibuat untuk meningkatkan kedisiplinan.

Adanya peraturan akan membuat karyawan merasa memiliki tanggung jawab yang harus diselesaikan pada pekerjaannya. Dengan adanya kedisiplinan ini diharapkan kinerja karyawan menjadi lebih baik lagi. Setiap perusahaan memiliki peraturan khusus yang ditujukan untuk semua karyawannya, beda perusahaan beda pula peraturannya, peraturan dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

4. Terciptanya Keadilan

Peraturan perusahaan yang ditaati akan menciptakan keadilan untuk semua karyawan di perusahaan tersebut. peraturan dibuat tidak boleh pandang bulu, siapapun yang melanggar peraturan perusahaan maka dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan perusahaan yang telah di sah kan.

5. Kenyamanan dan Keamanan di perusahaan

Peraturan juga dapat menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh karyawan. Dengan adanya aturan maka karyawan tidak bisa seenaknya bertindak sehingga dapat merugikan karyawan lain.

Peraturan juga akan menciptakan kenyamanan karena akan terciptanya hubungan yang baik dan harmonis antara perusahaan dengan karyawan.

Jika tidak adanya peraturan dalam perusahaan maka bukan tidak mungkin perusahaan dapat bersikap sewenang-wenang dengan karyawan, atau karyawan dapat bertindak sewenang-wenang juga terhadap karyawan lainnya.

So… What’s Next? 

Jangan menunda-nunda lagi dalam menuntaskan pembuatan PP dan segera daftarkan. Anda dapat mengakses template Peraturan Perusahaan yang bisa Anda modifikasi dan perbarui sesuai dengan kondisi perusahaan Anda.

Ingin berdiskusi lebih lanjut tentang PP? Silakan berdiskusi bersama kami di sinergiaconsultant.com/kontakkami

Naufal Fathanah



Tags


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>