January 11

WAJIB ADA! PENTINGNYA VISI, MISI, DAN VALUE PERUSAHAAN DALAM BISNIS

0  comments

By Naufal Fathanah

Halo Business Owner dan Human Capital Practitioner.Bukan sebuah perusahaan namanya kalau tidak memiliki visi, misi, dan value”. Pernahkah Anda mendengar perkataan seperti itu? Atau mungkin seringkali Anda mendengar selingan perkataan “Eh, Perusahaan A punya value yang unik lho. Visi Misinya juga menarik”? Seolah memang sudah menjadi hal yang wajib bagi tiap perusahaan untuk memiliki value, visi, dan misi yang unik dan menarik. Akhirnya banyak kami menemukan diantara sekian banyak Business Owner dan Human Capital Practitioner yang seakan berlomba-lomba untuk membuat visi, misi, dan value perusahaan seunik mungkin. Dan tanpa disadari, visi, misi, dan value perusahaan ini hanya menjadi sepatah dua patah kalimat yang ditempel di tiap sudut perusahaan tanpa mengetahui arti dan maknanya.

 

Apakah bisa sebuah perusahaan berjalan tanpa visi, misi, dan value  yang jelas? Pertanyaan ini seringkali ditemukan saat pembahasan atau diskusi tentang visi, misi, dan value mulai seru. Jawabannya? Bisa. Perusahaan bisa saja berjalan dan beroperasi tanpa ada visi, misi, dan value yang disepakati sebelumnya. Profit pun tetap bisa didapatkan selama karyawan-karyawan Anda handal dalam melakukan pekerjaanya. Kegiatan operasional pun bisa saja tetap berjalan dengan optimal. Kalau begitu, mengapa tiap perusahaan harus memiliki visi, misi, dan value kalau nyatanya tanpa tiga hal tersebut pun operasional perusahaan bisa tetap berjalan? Jawabannya terletak pada seberapa besar keinginan Anda sebagai Business Owner dan Human Capital Practitioner untuk membawa perusahaan terus berkembang. Karena, siapa Business Owner yang tidak ingin memiliki bisnis yang berkepanjangan dan bisa terus bersaing dengan kompetitor-kompetitor lain? Saya yakin semua Business Owner memiliki harapan seperti itu. Maka dari itu, sekarang saatnya Anda cek Kembali visi, misi, dan value perusahaan Anda. Dan bagi Anda yang masih kesulitan merangkai visi, misi, dan value untuk perusahaan Anda, Artikel ini bisa menjadi salah satu sumber inspirasi Anda.  

Untuk bisa membawa perusahan tumbuh dan berkembang lebih jauh, Anda sebagai Business Owner dan Human Capital Practitioner perlu memikirkan matang-matang tentang visi, misi, dan value perusahaan. Ketiga hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan, dimana tiga hal itulah yang akan berdiri tegak sebagai pondasi perusahaan Anda. Dengan adanya visi, misi, dan value perusahaan yang disepakati, maka perusahaan akan mengetahui arah yang ingin dituju. Sekaligus menjadi identitas perusahaan Anda di mata publik. Bagaimana dengan perusahaan-perusahaan yang beroperasi tanpa adanya tiga hal tersebut?

Tidak ada kata terlambat untuk menentukan visi, misi, dan value perusahaan. Baik perusahaan tersebut sudah berjalan cukup lama ataupun perusahaan yang baru ingin didirikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pentingnya visi, misi, dan value bagi perusahaan. Tapi sebelum itu, mari kita definisikan arti dari visi, misi, dan value perusahaan:

VISI

Visi adalah suatu rangkaian kata-kata yang dapat disimpulkan menjadi satu kalimat yang di dalamnya mengandung harapan, tujuan, dan cita – cita dari sebuah perusahaan. Dalam visi perusahaan, seringkali ditemukan impian dan nilai-nilai yang menjadi tujuan perusahaan yang ingin dicapai di masa yang akan datang. Umumnya,dalam visi perusahaan terdapat pikiran-pikiran tentang gambaran dari apa yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut di masa depan. Pendiri perusahaan atau Business Owner biasanya memiliki peran penting terhadap proses peracikan dan pembuatan visi ini. Dengan adanya visi, sebuah perusahaan memiliki pandangan dan arah yang jelas untuk bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Banyak Masalah SDM dan Bingung Mana yang Harus Diprioritaskan?

Gunakan tool gratis yang kami sediakan ini dengan Klik Tombol di bawah ini, GRATIS

Visi perusahaan adalah pernyataan yang menjelaskan bagaimana perusahaan bercita-cita untuk mencapai tujuannya di masa depan.Visi perusahaan juga seharusnya tidak perlu menggunakan istilah yang rumit. Idealnya, visi ditulis dengan bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti oleh konsumen serta karyawan perusahaan itu sendiri. Contoh visi perusahaan:

Perusahaan Wisnu Sejahtera Corp., sebuah perusahaan yang menjual berbagai kebutuhan hobi dan alat musik  memiliki sebuah visi yang menunjukan gambaran dan tujuan besar dari apa yang ingin perusahaan tersebut capai. Visi Wisnu Sejahtera Corp. berbunyi :

Menjadikan perusahaan instrumen musik yang handal, berkualitas, dan berkompeten di Indonesia

MISI

Setelah perusahaan membuat visi, selanjutnya akan diperlukan sebuah misi. Apa yang disebut dengan misi perusahaan?

Misi menjadi pendorong perusahaan untuk dapat mewujudkan visi yang sudah dibuat. Misi adalah apa yang perusahaan lakukan, atau bisa juga dikatakan inti dari apa yang dilakukan perusahaan Anda dalam berbisnis. Dari visi yang sudah dibuat oleh perusahaan, maka akan terlihat langkah-langkah apa yang perlu perusahaan lakukan untuk bisa mencapai visi tersebut (Konsultasikan langkah-langkah konkrit yang perusahaan perlu ambil DISINI). Hal Ini juga nantinya akan membentuk budaya perusahaan Anda.

Misi perusahaan adalah kumpulan pernyataan yang berfokus pada Tindakan. Misi bisa meliputi deskripsi mengenai fungsi dan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan sehari-harinya.

Contohnya, Wisnu Sejahtera Corp. memiliki misi antara lain :

  1. Menyediakan produk instrumen musik yang berkualitas tinggi.
  2. Menumbuhkan keterampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasional yang maksimal serta karyawan yang handal.
  3. Mengembangkan kualitas produk dengan inovatif.
  4. Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi penyedia instrumen musik terbaik di Indonesia

VALUE

Value merupakan nilai-nilai yang menjadi landasan perilaku dan motivasi karyawan serta persepsi karyawan mengenai perusahaan. Value merupakan kode moral dan etika yang menjadi penentu apa yang sebaiknya  dilakukan  oleh perusahaan dan menunjang tercapainya visi perusahaan dan menunjang tercapainya visi perusahaan (pelajari lebih banyak tentang value DISINI).

Contoh :

Value pada Wisnu Sejahtera Corp. adalah WISH dimana kepanjangan dari Willingness, Innovation, Service Oriented dan Harmony yang maknanya yaitu :

  1. Willingness. Willingness artinya yaitu menjadi sebuah perusahaan memiliki keteguhan yang kuat untuk mencapai sukses yang diimpikan 
  2. Innovation. Innovation artinya yaitu selalu berinovasi menciptakan hal-hal baru
  3. Service Oriented. Service Oriented artinya yaitu memiliki karyawan yang mengutamakan kenyamanan dan pelayanan.
  4. Harmony, Harmony mengartikan bahwa perusahaan percaya akan kemampuan yang dimiliki oleh tiap SDM, dimana apabila disatukan dapat membentuk suatu harmoni.

Setelah Anda mengetahui makna dari sebuah visi, misi, dan value perusahaan, sekarang kita akan membahas lebih dalam mengenai apa pentingnya ketiga hal tersebut bagi perusahaan.

1. Memberikan standar kerja yang optimal

Dengan adanya visi, misi, dan value, maka perusahaan Anda memiliki standar kerja dan tujuan harus dimiliki oleh seluruh SDM Anda. Ketiga hal tersebut akan membantu karyawan Anda untuk memahami apa yang menjadi tujuan besar dari perusahaan dan akan sadar bahwa untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut, ia harus berkontribusi dan memberikan standar kerja yang sesuai dengan perusahaan. Pembahasan mengenai standar kerja dan dokumen/template yang dibutuhkan bisa Anda miliki di HCA ONLINE MENTORING PROGRAM.

2. Memastikan tujuan dasar perusahaan

Anda sudah mendefinisikan secara menyeluruh tentang hal-hal yang menjadi dasar dan tujuan didirikannya sebuah perusahaan dengan memiliki visi, misi, dan value perusahaan. Dengan adanya ketiga hal tersebut, SDM di perusahaan Anda akan mengetahui tujuan-tujuan dan nilai-nilai apa saja yang harus dimiliki oleh seluruh elemen perusahaan. Sekaligus menumbuhkan rasa saling memiliki antar karyawan, karena mereka paham bahwa tiap karyawan yang bekerja di perusahaan memiliki satu tujuan yang sama (pelajari juga rekaman LIVE ONLINE TRAINING tentang cara membangun kultur perusahaan hebat) . Dengan begitu, jati diri perusahaan akan terlihat dan terbentuk dalam lingkungan kerja perusahaan.

3. Menjadi acuan perusahaan dalam pengembangan bisnis

Untuk dapat memetakan apa yang harus dikembangkan oleh perusahaan Anda dalam beberapa tahun kedepan, Anda membutuhkan sebuah landasan dan acuan untuk dapat memutuskan pengembangan apa yang sesuai dengan perusahaan. Visi, misi, dan value perusahaan dapat membantu Anda untuk mendapatkan acuan mengenai perkembangan apa yang sesuai dan sejalan dengan perusahaan.

4. Sarana pengambilan keputusan

Seperti yang disebutkan di atas, visi, misi, dan value perusahaan berperan penting dalam pengambilan keputusan. Tentunya Anda tidak ingin mengambil sebuah keputusan yang tidak sesuai dengan visi, misi, dan value perusahaan Anda. Saran saya, selalu cek kembali ketiga hal tersebut sebelum mengambil sebuah keputusan. Pikirkan lagi secara matang apakah keputusan yang Anda ambil sudah sesuai dengan visi, misi, dan value yang dimiliki oleh perusahaan atau malah bertentangan dengan ketiga hal tersebut. Pelajari lebih banyak di LIVE ONLINE TRAINING: MENERAPKAN VISI, MISI, DAN VALUE KE DALAM PROGRAM KERJA HUMAN CAPITAL, atau dapatkan akses rekamannya DISINI

Itulah alasan mengapa visi, misi, dan value perusahaan dinilai penting bagi kelangsungan dan perkembangan perusahaan kedepannya. Sebagai dasar pondasi yang kuat untuk membantu menjulang perkembangan dan pertumbuhan perusahaan kedepannya. Ingin membuat visi, misi, dan value perusahaan yang sesuai dengan kultur yang diharapkan? Segera akses HCA ONLINE MENTORING PROGRAM

Bagaimana? Apakah ingin tahu lebih banyak tentang visi, misi, dan value perusahaan? Jangan ragu untuk berdiskusi bersama kami di https://sinergiaconsultant.com/kontakkami 

Let’s Connect!


Tags

Business Owner, Human Capital Practitioner


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>