January 14

RAKER KALI INI , APA YANG ANDA HADIRKAN?

0  comments

By Dicky F. Senjaya

Seperti sebuah kapal yang berlayar mengarungi samudera, perusahaan Anda ada saatnya berlabuh terlebih dahulu di pemberhentian sementara untuk mengevaluasi perjalanan, mengisi perbekalan untuk kemudian kembali mengarungi samudra untuk menuju tempat yang diinginkan.

Dalam dunia korporasi, momen pergantian tahun merupakan momen dimana kita merefleksikan kembali pencapaian yang telah kita raih dan mengevaluasi hal apa yang belum berhasil diraih, bahkan merupakan saat yang tepat pula untuk menentukan rencana ke depan. Momen tahunan ini, biasanya kita sebut sebagai Rapat Kerja. Dimana merupakan salah satu momen yang berperan terhadap keberhasilan organisasi/perusahaan ke depannya. Mengapa demikian? Karena biasanya di Rapat kerja inilah, hal-hal yang penting dan strategis dikomunikasikan kepada seluruh tim di organisasi. Bisa Anda bayangkan, jika informasi ini tidak tersampaikan dengan baik dan momentum penting ini tidak tereksekusi dengan baik pula, maka tentunya akan berpengaruh besar terhadap perjalanan perusahaan selama satu tahun mendatang.

Terlebih lagi ketika gelombang besar, yaitu pandemik covid-19 menghantam (walaupun bagi beberapa perusahaan gelombang besar tersebut adalah gelombang anugerah) tampaknya berlabuh sementara adalah pilihan yang tepat untuk banyak industri. Bukan rahasia pastinya bahwa pandemik covid 19 telah mengubah banyak hal bahkan sampai hal-hal yang sifatnya mendasar, baik dalam kehidupan personal dan yang paling penting adalah pekerjaan. Meski seperti yang kita tahu bahwa  dalam bisnis, perubahan juga menjadi suatu hal yang biasa sebagai respon dari dunia yang juga berubah.

Perubahan merupakan salah satu kata kunci yang penting dalam pengelolaan bisnis, ada atau tidak adanya pandemic covid-19 perubahan selalu ada. Dan perusahaan yang bisa bertahanlah yang mampu merespons perubahan dengan tepat. Atau bahkan ketika bisa “berdansa” dengan perubahan dia bisa lebih unggul dibanding yang lain.

Tentang perubahan itu sendiri, ada beberapa hal yang bisa kita siapkan dan kita rencanakan untuk dapat dicanangkan di Raker yang Anda selenggarakan:

#1 Perubahan di Level Strategis

Berbicara tentang hal yang strategis maka cukup identik dengan hal yang “mengawang-awang” atau tidak jelas dan seolah-olah “berada di langit”. Demikianlah adanya, seperti kata pepatah gantungkan cita-citamu setinggi langit. Maka, hal strategis ini berbicara tentang cita-cita, goals, arah dan tujuan. Hal-hal strategis ini akan berdampak besar terhadap perubahan organisasi.

a. Perubahan Arah Organisasi.

Banyak Masalah SDM dan Bingung Mana yang Harus Diprioritaskan?

Gunakan tool gratis yang kami sediakan ini dengan Klik Tombol di bawah ini, GRATIS

Dengan kondisi samudera yang masih bergelombang sangat tinggi, adalah sangat mungkin bagi nahkoda untuk memutuskan mengubah arah kapal, baik itu bersifat sementara, selama gelombang tinggi bahkan mungkin secara permanen. Salah satu kasus yang paling menonjol misalnya adalah bagaimana Thai Airways di masa pandemi ini mengubah arah bisnisnya yang semula di industri penerbangan menjadi penjual gorengan. Walaupun demikian ternyata omzet per bulannya dari hasil jualan gorengan tersebut bisa mencapai 10 juta Baht atau setara 4,7 Miliar rupiah. Jadi bisa bayangkan juga bahwa perubahan arah organisasi tidak selalu menghasilkan sesuatu yang buruk bukan?

b. Perubahan Goals Atau Tujuan

Bisa jadi tujuan di bisnis Anda menjadi bertambah atau berkurang. Atau mungkin ada tujuan yang berbeda yang ingin diraih. Jika bisnis Anda yang di tahun ini omzetnya meningkat tentunya ingin di tahun depan lebih tinggi dari tahun ini, bukan? Dan bagi perusahaan yang tahun ini mengalami keterpurukan bisa jadi ada tujuan Anda menjadi berbeda. Apakah yang ingin diraih disesuaikan dan diselaraskan lagi dengan kondisi tahun ini? Mungkin 3 hal ini juga dapat menjadi pilihan Anda saat membuat tujuan yang baru yaitu survive, recovery atau ekspansi.

  • Ketika perusahaan Anda memilih untuk mengaktifkan metode survive artinya Anda mempersepsikan bahwa ke depan kondisi bisnis mungkin masih berat. Dengan sumber daya yang terbatas, akan membutuhkan usaha yang masih sangat besar. Target mungkin tidak terlalu “muluk-muluk”, bisa jadi sama atau lebih kecil dari sebelumnya, yang penting dapur masih bisa ngebul.
  • Mode recovery bisa diaktifkan ketika secara hitung-hitungan finansial dan prediksi ke depan Anda sudah bisa melewati masa survival. Goals dapat diatur lebih tinggi dan cek juga apakah Anda juga sudah memiliki sumber daya yang cukup untuk mencapainya.
  • Ketika Anda memiliki persepsi bahwa perusahaan Anda sudah melewati masa recovery, maka tidak ada salahnya untuk memilih mode eks Terlebih bagi perusahaan-perusahaan yang diuntungkan selama masa pandemik ini. Misalnya perusahaan yang bergerak di bidang alat-alat kesehatan, obat-obatan maupun herbal. Anda bisa tetapkan goals atau tujuan yang lebih tinggi dan tentunya harus bersedia berinvestasi di sumber daya yang akan mendukung lonjakan pencapaian perusahaan Anda.

c. Perubahan Strategi

Berbicara tentang strategi tentunya kita berbicara tentang cara bagaimana mencapai goals tersebut di atas. Diantaranya adalah proses-proses atau serangkaian langkah yang perlu dijalankan untuk mencapai target yang diharapkan, serta nilai-nilai yang kita tawarkan kepada customer. Dalam konsep Blue Ocean Strategy ada 4 skema perubahan yang dapat kita lakukan, yaitu : Hapuskan-Kurangi-Tingkatkan-Ciptakan. Kira-kira berikut adalah ilustrasinya;

  • Hal apa tidak relevan dengan kondisi saati ini dan masa depan yang perlu dihapuskan?
  • Hal apa saja yang perlu dikurangi sehinggi bisa dibawah standar industri?
  • Hal apa saja yang perlu ditingkatkan sehingga berada di atas standar inustri?
  • Hal apa yang perlu ada sehingga menciptakan peluang baru

2. Perubahan di level Perilaku

a. Perubahan Budaya
Perubahan-perubahan yang levelnya strategis tentunya tidak akan tercapai dengan maksimal tanpa adanya penyesuaian budaya. Ingatlah bahwa perubahan itu sendiri tidak selalu, seuatu yang berbeda tetapi bisa jadi sebuah peningkatan atau penurunan pada suatu proses, tujuan, dll. Budaya yang sudah mulai kendor, bisa diangkat dan digelorakan kembali di perusahaan. Dan budaya negatif yang benihnya mulai muncul bahkan bertumbuh mungkin selama dalam masa pandemi ini, bisa mulai dieliminasi.

b. Perubahan Semangat
Ketika kita membahas semangat tentunya kita berbicara tentang peningkatan level energi yang kita hadirkan di perusahaan. Dengan sulitnya situasi bisnis saat ini tidak mungkin dihadapi dengan semangat yang seadanya, motivasi yang biasa saja atau cara kerja yang itu-itu saja. Raker adalah momen untuk membakar kembali semangat Tim Anda sehingga setiap orang dari level tertinggi sampai terendah sekalipun, sehingga memiliki level energi yang sama-sama tinggi dan bahkan ada dalam “frekuensi” yang sama dan selaras. .

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana kita mengelola dan mengkomunikasikan perubahan dalam raker. Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan :

1) Dimulai dari Anda

Perubahan di level organisasi tidak mungkin terealisasi kecuali Anda sendiri sebagai professional leader yang mengawalinya, dan berkomitmen penuh untuk mengawal perubahan tersebut. Temukan alasan yang kuat bagi diri Anda sendiri untuk perubahan yang Anda canangkan.

Hal signifikan apa yang akan terjadi jika Anda tidak memulai perubahan tersebut?

Hal signifikan apa yang akan terjadi jika Anda memulainya?

2) Membangun narasi mengenai mengapa perubahan yang dicanangkan adalah penting.

Narasi adalah berbicara tentang the big why, alasan mendalam yang bisa menggerakkan setiap orang untuk mencapai perubahan tersebut.

3) Gunakan Metafora

Penggunaan metafora akan lebih memudahkan proses komunikasi karena bahasa metafora dapat dengan mudah masuk kedalam alam bawah sadar tim Anda. Misalnya penggunaan metafora kapal yang digunakan dalam artikel ini. Pilih metafora yang paling pas menggambarkan situasi perusahaan atau value perusahaan Anda saat ini. Anda juga bisa membaca contoh metafora di buku Human Capital ARTcitect (www.sinergiaconsultant.com/hcabook).

4) Optimalkan seluruh channel komunikasi, audio, visual, gerakan

Tiap orang memiliki cara yang berbeda dalam memproses informasi, ada yang auditori, visual kinestetik bahkan olfaktori (penciuman) dan gustatory (pengecap). Dengan menyediakan media informasi yang lengkap, setiap orang dapat dengan efektif menyerap informasi perubahan yang Anda sampaikan. Memang yang paling umum adalah penggunaan media visual seperti banner spanduk atau tampilan video. Nah dari sisi audio, Anda juga bisa pilih theme song untuk dinyanyikan bersama, tidak perlu repot-repot buat sendiri, Anda bisa pilih lagu yang ada di Youtube yang familiar dan tentunya sesuai dengan perubahan yang anda sampaikan. Termasuk diantaranya gerakan-gerakan berupa yel-yel, dance, atau gerakan yang mewakili dan menggambarkan perubahan tersebut akan menambah efektifitas dalam penyampaian pesan perubahan.

5) Libatkan banyak pihak dan buat komitmen bersama

Stephen Covey mengatakan “No involvement, no commitment”. Semakin banyak yang terlibat dalam proses penyusunan perubahan tentunya diharapkan dapat memunculkan komitmen lebih besar. Tentunya perlu dikelola juga bentuk keterlibatannya sehingga tidak malah merepotkan di awal. Dalam proses awal perubahan mulai dari tim kecil yang terdiri dari top management, khususnya ketika berbicara di level strategis. Untuk tataran teknis. Anda dapat melibatkan lebih banyak lagi. Perubahan yang dicanangkan, selain perlu untuk dipahami bersama juga tentunya untuk dilaksanakan. Tanpa action maka perubahan hanya slogan semata, dan tidak akan menjadi perubahan itu sendiri. Jika raker dilaksanakan secara offline atau tatap muka, Anda tentunya dapat membuat semacam poster yang berisi tentang poin yang disepakati dan kemudian ditandatangani bersama. Komitmen tersebut beserta tanda tangan yang tertera bisa ditempelkan di dinding kantor dimana setiap orang bisa melihat, dan teringatkan dengan komitmen perubahan yang sudah disepakati.

Nah, dari beberapa penjelasan diatas semoga dapat membantu Anda dalam mengelola perubahan dalam Raker, sehingga proses raker tidak semata-mata menjadi momen yang begitu-begitu saja. Pastikan raker Anda bukan hanya sekedar ritual tahunan dan tidak berdampak, namun menjadi satu momentum perubahan bagi perusahaan anda untuk masa depan yang lebih baik. Anda juga dapat melihat video penjelasan dari Amelia Hirawan, bagaimana Anda dapat mempersiapkan raker dengan lebih kreatif di www.sinergiaconsultant.com/membership (yang belum jadi member dapat menghubungi tim kami di www.sinergiaconsultant.com/kontakkami juga).

Kini saatnya untuk berubah, saatnya untuk mengkomunikasikan perubahan. Perubahan memang tidak harus menunggu raker, namun demikian raker adalah momentum yang tepat untuk mengawali perubahan.

Selamat Mencoba dan Let’s Connect!


Tags

Business Owner, Dicky F. Senjaya, Human Capital Practitioner


You may also like

METODE AMPUH UNTUK MENDAPATKAN KARYAWAN YANG KOMPETEN!

JANGAN SALAH PILIH DALAM MEMBERIKAN PROMOSI JABATAN!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>