September 19, 2023

Era Baru Learning and Development di Perusahaan

0  comments

Perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan dalam dunia bisnis. Dalam era teknologi yang berkembang pesat, perusahaan harus selalu beradaptasi dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) mereka agar tetap relevan dan kompetitif. Salah satu inovasi terbesar yang telah mengubah cara perusahaan mengembangkan SDM adalah pembelajaran online.

Pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di tempat kerja telah mengalami perubahan yang signifikan seiring dengan kemajuan teknologi, di mana salah satu inovasi terbesar dalam hal ini adalah pembelajaran online yang telah mengubah cara kita mengakses, menyampaikan, dan memperoleh pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan profesional di era modern ini.

Pembelajaran online bukan lagi sekadar pilihan, melainkan kebutuhan mendesak bagi perusahaan yang ingin menjaga kompetensi dan produktivitas karyawan mereka, sebab ini adalah sebuah transformasi yang signifikan dalam cara perusahaan mendekati pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM), dengan mengintegrasikan teknologi dan aksesibilitas yang lebih luas untuk memastikan bahwa karyawan memiliki akses ke pelatihan dan pembelajaran yang relevan dan efektif untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan pencapaian tujuan perusahaan.

Era Baru

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan telah beralih dari metode pembelajaran tradisional ke pembelajaran online. Ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk:

  1. Fleksibilitas: Pembelajaran online memungkinkan karyawan untuk mengakses materi pelatihan dari mana saja dan kapan saja, sehingga tidak mengganggu jadwal kerja mereka. Bahkan mereka juga berkesempatan untuk mengakses pembelajarannya di malam hari, atau bahkan di akhir pekan.
  2. Efisiensi Biaya: Perusahaan dapat menghemat biaya pelatihan fisik, termasuk perjalanan dan akomodasi, dengan menggunakan platform online. Bayangkan apabila Anda perlu mengeluarkan budget untuk tiap sesi pembelajaran dan training yang diadakan. Dengan pembelajaran online, Anda dapat memangkas biaya tersebut dan mengalokasikannya ke sektor lain.
  3. Personalisasi: Platform pembelajaran online sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kapabilitas dari perusahaan. Pastikan penyesuaian tersebut dilakukan secara tepat guna.

Inspirasi Platform Pembelajaran Online Terkini

Berikut beberapa platform pembelajaran online terkini yang digunakan di perusahaan:

  1. LinkedIn Learning: Platform ini menawarkan ribuan kursus tentang berbagai topik, mulai dari keterampilan teknis hingga manajemen. LinkedIn Learning juga terintegrasi dengan profil LinkedIn sehingga karyawan dapat mendukung sertifikasi tambahan bagi mereka untuk melengkapi kualifikasi yang mungkin dibutuhkan di jenjang kerja selanjutnya.
  2. Udemy for Business: Udemy for Business menyediakan akses ke ribuan kursus yang diajarkan oleh instruktur independen. Ini adalah sumber daya yang kuat untuk mengembangkan keterampilan teknis di berbagai bidang.
  3. Coursera for Business: Coursera menyediakan kursus dari universitas dan institusi terkemuka di seluruh dunia. Platform ini menawarkan program sertifikasi dan gelar yang dapat membantu karyawan dalam mengembangkan kualifikasi mereka.
  4. edX: edX adalah platform yang dikembangkan oleh universitas terkenal seperti Harvard dan MIT. Karyawan dapat mengambil kursus yang lebih mendalam dalam berbagai disiplin ilmu. Mulai dari komunikasi hingga AI, karyawan Anda dapat mengaksesnya di sini
  5. Human Capital ARTchitect: Platform ini khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran SDM Anda, terutama bagi HRD. Di sini Anda bisa mengakses ratusan template dan video pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi tim Anda. Tidak hanya itu, platform ini juga dilengkapi dengan Premium Assessment Bundles yang dapat digunakan  untuk membantu proses rekrutmen dan asesmen di perusahaan. Anda dapat mengakses platform Human Capital ARTchitect DI SINI.

Manfaat Pembelajaran Online dalam Perusahaan

Pembelajaran online memiliki manfaat besar bagi perusahaan dan karyawan:

  1. Peningkatan Keterampilan: Karyawan Anda dapat mengakses pelatihan yang relevan dengan pekerjaan mereka, yang meningkatkan keterampilan mereka dan membuat mereka lebih berharga bagi perusahaan.
  2. Efisiensi Biaya: Pembelajaran online dapat mengurangi biaya pelatihan fisik, termasuk perjalanan dan akomodasi tim.
  3. Personalisasi: Platform online sering menggunakan pembelajaran berbasis AI untuk menyesuaikan kursus dengan kebutuhan individu, meningkatkan efektivitas pembelajaran.
  4. Kemudahan Akses: Karyawan dapat mengakses materi pelatihan kapan saja dan dari mana saja, yang memungkinkan pembelajaran berkelanjutan.
  5. Pelacakan Kemajuan: Platform pembelajaran online biasanya menyediakan alat untuk melacak kemajuan karyawan, memungkinkan perusahaan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran.

Tantangan dalam Implementasinya

Meskipun pembelajaran online memiliki banyak manfaat, ada beberapa tantangan yang perusahaan perlu pertimbangkan:

  1. Koneksi Internet yang Stabil: Karyawan perlu akses internet yang stabil untuk mengambil kursus online. Ini bisa menjadi masalah di daerah dengan konektivitas yang buruk.
  2. Motivasi: Pembelajaran online memerlukan tingkat motivasi yang tinggi, karena karyawan harus mandiri dalam memimpin pembelajaran mereka.
  3. Kurangnya Interaksi Sosial: Pembelajaran online bisa kurang interaktif dibandingkan pelatihan fisik, yang dapat mengurangi peluang untuk kolaborasi dan diskusi.

What’s Next?

Pembelajaran online telah mengubah cara perusahaan untuk mengembangkan learning and development di perusahaan. Dengan mengadopsi platform pembelajaran online yang tepat, perusahaan dapat memaksimalkan potensi karyawan mereka, meningkatkan produktivitas, dan tetap kompetitif di pasar yang terus berubah. Meskipun ada tantangan yang harus diatasi, manfaat jangka panjang dari pembelajaran online membuatnya menjadi investasi yang berharga dalam pengembangan SDM perusahaan. Dalam era digital ini, pembelajaran online adalah kunci untuk menghadapi tantangan dan peluang yang akan datang. 

Dengan mengambil langkah-langkah yang tepat, perusahaan dapat memastikan bahwa SDM mereka tetap relevan dan kompetitif di dunia kerja yang semakin kompleks. Sebagai akhir dari pembahasan ini, penting bagi perusahaan untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan tren dalam pembelajaran online agar dapat memanfaatkan potensinya secara maksimal.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar dunia training dan platformnya, silakan berdiskusi bersama kami di KONTAK KAMI.

Naufal F


Saya merupakan seorang yang selalu lapar akan pengetahuan baru, update, serta banyak penyusun lainnya. Human captal merupakan keilmuan yang saya kuasai dengan beragam dinamika didalamnya, mengelolah manusia dalam setting organisasi perencaranaan dan melaksanakan pengembangan untuk kebaikan dirinya dan organisasi secara umum.


Tags


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>