8 Langkah WAJIB Menjadi ARTmazing HC Leaders

8 Langkah WAJIB Menjadi “#ARTmazing HC Leaders!”

Article

Jan 07

Bagi Anda, para Human Capital (HC) Professionals, mungkin sudah tidak asing dengan anggapan bahwa departemen (dept). HC menjadi punching bag dan merupakan cost center di organisasi. Namun tenang, ternyata departemen HC tidak sendiri, karena masih dikatakan bersaing dengan departemen IT untuk menjadi bagian fungsional yang paling menyebalkan (Zenger, 2015). Pandangan ini muncul jika departemen HC tidak bisa benar-benar menjalankan fungsinya dengan tepat dan meyakinkan.

Meskipun sering dianggap menyebalkan, peran departemen HC merupakan salah satu bagian dalam organisasi yang memegang peran penting sebagai supporting department. Hal tersebut tentunya tidak bisa lepas dari peran seorang pemimpin. Seorang pimpinan HC yang hebat, idealnya bisa mempersatukan, menguatkan, dan menjamin seluruh komponen berjalan bersama untuk mencapai suatu hasil yang luar biasa, yaitu tercapainya tujuan organisasi.

Bukti bahwa Seorang Pemimpin Departemen HC Sangat Dibutuhkan (Zenger, 2015):

  1. Pemimpin di Departemen HC Mengembangkan Potensi Sumber Daya Manusia

      Seorang pimpinan HC memiliki tanggung jawab untuk menjamin, perencanaan dan implementasi program pengembangan sumber daya manusia berjalan. Hal ini yang membedakan seorang pimpinan HC dengan pimpinan departemen lain. Pimpinan HC yang hebat melakukan proses coaching, menjadi mentor dan memberikan masukan-masukan untuk pengembangan potensi karyawannya.

  1. Menciptakan Atmosfer Positif di dalam Organisasi

      Menjalin hubungan relasional yang positif di antara rekan kerja di organisasi sangat penting. Memiliki pergaulan yang luas, dan mampu memahami karakteristik sumber daya manusia yang dikelolanya merupakan tanggung jawab seorang pimpinan. Hal tersebut menciptakan atmosfer kerja yang suportif dan kondusif dan akan saling menguatkan seluruh komponen di dalam organisasi. Seorang pimpinan harus mampu menghadapi segala perbedaan dan menemukan benang merah untuk mempersatukan secara keseluruhan sehingga muncul harmoni.

  1. Menjadi Role Model bagi Sumber Daya Manusia dalam Organisasi

      Seorang pimpinan dihargai oleh bawahannya melalui tindakan yang ditunjukan. Jika seorang pimpinan tidak mampu menunjukan perilaku yang positif, dia tidak bisa mengharapkan karyawannya melakukan hal yang positif. Menjaga konsistensi dalam berperilaku juga sangat dibutuhkan untuk menjamin apa yang dilakukan berhasil.

  1. Memiliki Keahlian dan Kemampuan di Bidang Pengelolaan Sumber Daya Manusia

      Mengatur sumber daya manusia tidak bisa dilakukan sembarangan, perlu dasar untuk mengambil tindakan yang paling efektif dan efisien. Pimpinan yang memiliki keahlian dan kemampuan dalam pengelolaan sumber daya manusia sangat penting untuk menunjang keberhasilan seluruh program pengembangan SDM dalam organisasi.

Menjadi pimpinan HC yang #ARTmazing ada caranya. Yuk cek di bawah ini versi Things Every HC Professional Needs to Do to Succeed (Nathan, 2015)

  1. Memiliki Visi yang Jelas

      Seorang pemimpin HC yang memiliki visi jelas, akan nampak dari tindakan dan keputusan yang diambil. Seorang pimpinan HC yang #ARTmazing tahu langkah yang harus dia lakukan, juga tujuan yang harus dia raih sebelum diperintah. Menggunakan analisis studi kasus atau melakukan riset kecil-kecilan mungkin membantu Anda untuk melihat pilihan yang dapat dilakukan.

      Misalnya saja, seorang pimpinan HC yang #ARTmazing memiliki visi untuk menciptakan budaya dimana karyawan lebih loyal dan enggan untuk meninggalkan organisasi. Mulai dengan menjalankan riset, apa yang membuat karyawan merasa bahagia, menganalisis apa penyebab karyawan meninggalkan organisasi, dan mulai menerapkan serta menciptakan lingkungan kerja yang harmonis. Sehingga tujuan bisa tercapai dan tingkat turnover dapat dikendalikan.

  1. Mampu Berpikir secara Strategis

      Pimpinan HC harus mampu menciptakan strategi untuk menghadapi tantangan, maupun memprediksi masalah yang dihadapi di masa depan. Dibutuhkan seorang yang mampu sejalan dengan tujuan dan nilai dalam organisasi, yang selanjutnya diimplementasikan dengan strategi yang tepat sasaran.

      Contoh, organisasi ingin meningkatkan produktivitas karyawan, seorang pimpinan HC yang #ARTmazing mampu mengetahui strategi yang tepat untuk menjalankan tujuan tersebut. Langkah demi langkah dibuat agar tingkat keberhasilan tercapai secara optimal.

  1. Menjadi Komunikator yang Handal

      Steve Wynn (dalam, Nathan, 2015) mengatakan perbedaan antara seorang profesional dan seorang pimpinan yang #ARTmazing dilihat dari cara mereka mengkomunikasikan sesuatu. Kembangkan kemampuan berkomunikasi Anda dengan berbagai cara, salah satunya adalah belajar dari tokoh yang menurut Anda mampu berkomunikasi secara efektif. Latih, latih dan latih kemampuan komunikasi di segala situasi.

  1. Menguasai Teknologi

      Tantangan setiap individu di era saat ini adalah bagaimana menggunakan teknologi dengan tepat. Untuk  mencapai hal tersebut, hal pertama yang perlu lakukan adalah terbuka dengan perkembangan teknologi. Menggunakan SMS (short message service) sebagai media berkomunikasi mungkin sangat efektif di 10 tahun yang lalu, namun Anda harus terbuka dengan perkembangan cara berkomunikasi yang paling baru. Media komunikasi online saat ini dapat dikatakan lebih cepat dan sangat terjangkau, Anda tidak bisa berhenti berkembang hanya mengandalkan sesuatu yang Anda kuasa di masa lalu saja. Terbuka dengan perkembangan teknologi sangat dibutuhkan.

  1. Fleksibel

      Keingintahuan yang tinggi dibutuhkan oleh seorang pemimpin HC yang #ARTmazing. Keterbukaan akan sesuatu yang baru sangat dibutuhkan jika Anda ingin menjadi seorang pimpinan HC yang #ARTmazing. Cobalah hal-hal baru yang belum Anda lakukan sebelumnya.

  1. Kuasai Angka-Angka

      Angka-angka yang dimaksud adalah bukan hanya kemampuan berhitung yang baik. Melainkan mengetahui berapa nilai investasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan atau menjadi kebutuhan HC secara terperinci, serta nilai yang bisa kita dapatkan dari investasi yang sudah dikeluarkan tersebut. Hal ini akan sangat membantu menggeser pandangan sebagai HC sebagai cost center menjadi profit center.

  1. Lebih Membumi

      Membumi adalah suatu sikap yang dibutuhkan bagi seorang pimpinan, lebih mendekatkan diri dengan seluruh elemen di dalam organisasi tanpa membeda-bedakan berdasarkan struktur jabatan. Pimpinan HC yang #ARTmazing mau dan mampu menjalin relasi serta memposisikan diri terhadap seluruh orang di dalam organisasi. Hal ini membantu, ketika orang-orang mengenal Anda dengan baik, sehingga memudahkan Anda mendapat informasi dengan lebih terbuka.

  1. Menginspirasi

      Urusan menginspirasi sumber daya manusia sangat penting dalam peran sebagai pimpinan HC. Tidak hanya menetapkan peraturan yang harus ditaati oleh karyawan, kita harus bisa menginspirasi mereka untuk mengikuti peraturan dari diri mereka sendiri. Menginspirasi juga bagian dari mengenalkan urgensi dari departemen HC, sehingga mereka tahu mengapa departemen HC dibutuhkan.

Jadi, siap ber-Tranformasi menjadi lebih ARTmazing dari sekarang??

Source :
Nathan, A. (2015, November 30). 10 Things Every HC Professional Needs to Do to Succeed. Retrieved January 5, 2017, from www.sHCm.org: https://www.sHCm.org/HC-today/news/HC-news/pages/arte-nathan-HC-success-tips.aspx
Zenger, J. (2015). What Separate Great HC Leaders from the Rest. Retrieved January 5, 2017, from hbr.org: https://hbr.org/2015/08/what-separates-great-HC-leaders-from-the-rest