January 16

Sudah Adakah Tim Learning and Development di Perusahaan Anda? Simak Pentingnya!

0  comments

Keberadaan tim Learning and Development di perusahaan Anda mampu memberikan efek yang signifikan terhadap perkembangan bisnis perusahaan. Meskipun tidak secara langsung, memiliki tim Learning and Development dapat mengakselerasi skill dan kompetensi tim Anda sesuai dengan harapan dan kebutuhan perusahaan untuk bisa tetap berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan lain.

Selain itu juga, kehadiran tim Learning and Development juga akan membantu tim Anda untuk bisa meningkatkan skill dan kompetensi mereka secara pribadi, yang mana akan mempermudah mereka untuk bisa meningkatkan jenjang karir mereka. 

Tidak hanya itu, masih banyak lagi alasan mengapa memiliki tim learning and development dinilai penting untuk perkembangan perusahaan. Simak selengkapnya!

Perkenalkan, Learning and Development Team!

Pernahkah Anda membayangkan kira-kira apa yang dapat membuat tim Anda menjadi lebih produktif, terorganisir, dan achieve target? dan pernahkan Anda memikirkan bagaimana perusahaan-perusahaan besar di luar sana memiliki tim dan karyawan yang sangat termotivasi untuk bisa memberikan performa terbaiknya di perusahaan? 

Training menjadi salah satu hal yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Hal vital yang dapat membantu tim dan karyawan Anda untuk bisa terus berkompetisi dengan pesaing perusahaan Anda.

Maka dari itu, diperlukan tim Learning and Development untuk membantu Anda membuat program training dan pengembangan, baik untuk lingkup karyawan secara individu, maupun untuk lingkup perusahaan yang lebih luas.

Singkatnya, Learning and Development merupakan bagian dari Human Capital yang fokusnya adalah mengembangkan sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Bertanggung jawab untuk menjaga dan mengembangkan SDM perusahaan untuk bisa memiliki kompetensi yang sudah terstandarkan oleh Business Owner dan HRD

Apa saja pentingnya?

Secara individu, adanya program training yang dibuat oleh tim Learning and Development akan memiliki beberapa dampak pada tim, mari kita simak!

Pengembangan diri pribadi

Manfaat dengan adanya pelatihan dan pengembangan di perusahaan pada karyawan adalah efek positif pada kinerja karyawan dan kemampuan mereka untuk memanfaatkan potensi maksimal mereka. Program pelatihan dan pengembangan akan membekali karyawan dengan keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk mereka dalam melakukan tugas sehari-hari. Selain itu, program pelatihan memberikan karyawan pengetahuan yang luas di bidangnya masing-masing, sehingga mereka dapat lebih berpengalaman dan nyaman dalam melakukan pekerjaannya. Ketika karyawan memperoleh keterampilan ini, mereka akan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi mereka dalam bekerja. Omzet pun akan semakin mudah diraih apabila karyawan Anda produktif bukan?

Pengembangan karir

Sudah dibahas sedikit di atas bahwa karyawan dapat memperoleh kompetensi yang diperlukan dalam pekerjaannya melalui program pelatihan yang akan meningkatkan kinerjanya. Hal ini dapat meningkatkan kapasitas mereka untuk melakukan lebih banyak tugas dan pekerjaan, sehingga memperluas tanggung jawab mereka dan berpotensi dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi. Selain itu, karyawan yang sudah teruji, terlatih, dan berpengalaman akan memberikan perusahaan Anda kepercayaan diri untuk bisa berkompetisi di industri..

Mengembangkan Soft Skill

Program pelatihan dan pengembangan karyawan dapat memperkuat soft skill yang dibutuhkan untuk terus beradaptasi dengan perubahan-perubahan, baik di lingkungan kerja maupun industri dan lingkungan sekitar yang lebih luas. Pelatihan dan pengembangan yang menyasar soft skill seperti 

  • Public speaking, 
  • Kecerdasan emosional
  • Agility

Dengan adanya Tim Learning and Development, maka akomodasi terhadap soft skills ini dapat terpenuhi. Pastinya semua business owner mendambakan tim dan leader yang handal dan memiliki kompetensi secara soft skills.

Lalu, dari sisi perusahaan… 

Employer Branding

Berkaitan sangat erat dengan bagaimana Anda menampilkan citra perusahaan kepada para pelamar untuk bisa mendapatkan talent talent berkualitas. Semua diawali dari bagaimana Anda membuat karyawan Anda merasa bangga bekerja di perusahaan Anda. Salah satunya dengan training. 

Inisiatif dan kehadiran tim learning and development dapat memberikan sambutan yang positif bagi para karyawan. Dengan adanya program program pengembangan yang akan dilakukan, karyawan akan merasa bahwa perusahaan memiliki kepedulian yang cukup tinggi dengan kemajuan dan perkembangan timnya.

Ini akan menarik minat dari para pencari kerja dan menumbuhkan branding serta citra Anda untuk bisa mendapatkan talent-talent berkualitas dari luar.

Lingkungan Kerja dan Dinamika Tim

Bergantung pada struktur program pelatihan, sebuah perusahaan dapat mengembangkan berbagai cara untuk meningkatkan hubungan interpersonal dan dinamika tim di antara antar karyawan. 

Business Owner dapat membuat permintaan kepada tim Learning and development nantinya untuk membuat program kolaboratif antar rekan kerja. 

Selain itu, business owner juga dapat meminta untuk dibuatkan program yang sesuai dengan value perusahaan. Hal ini pastinya akan meningkatkan sense of ownership dan rasa kebersamaan antar karyawan, yang mana tim Anda bakal terlihat kompak dan memiliki kerjasama yang apik.

Next Step? 

Setelah mempelajari betapa pentingnya memiliki tim Learning and Development, apakah Anda tertarik untuk memiliki tim Learning and Development di perusahaan Anda tapi bingung mau mulai dari mana? Atau Anda sudah memiliki tim Learning and Development, tapi masih belum bisa menghasilkan hal-hal di atas? Yuk mari berdiskusi bersama kami untuk memaksimalkan performa perusahaan di https://www.sinergiagroup.id/admin 

Let’s SMASH!

Naufal Fathanah


Saya senang bekerja dengan banyak perusahaan untuk menciptakan struktur SDM yang kuat melalui kemampuan dan kompetensi untuk menjawab kebutuhan jaman sehingga tercipta tim yang profesional dan hebat.


Tags


You may also like

Pelbagai Perusahaan Besar Dunia Beramai-Ramai Memberhentikan Ratusan Hingga Ribuan Karyawannya, Apa yang dapat dipelajari? 

Pelbagai Perusahaan Besar Dunia Beramai-Ramai Memberhentikan Ratusan Hingga Ribuan Karyawannya, Apa yang dapat dipelajari? 
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>