April 12

Menerapkan 3 Kunci Sukses Pengelolaan SDM dalam Program Management Trainee

0  comments

Program management trainee makin banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan berkembang. Melihat situasi dan kondisi yang ada saat ini, tidak mustahil bagi para Human Capital Practitioner di perusahaan-perusahaan tersebut mengembangkan program management trainee yang efisien.

Dengan banyaknya resources, workshop-workshop dan pelatihan khusus tentang bagaimana merancang program ini, saya yakin para Human Capital Practitioner sudah memiliki referensi  yang cukup untuk membawa perihal Management Trainee ini ke meja meeting Board of Directors (BOD) Anda.

Namun, program ini tidak secara praktis dan mudah  dapat diimplementasikan kedalam perusahaan Anda. Proses perencanaan dan pelaksanaan program management trainee pun hadir dengan problematika dan punya tantangan-tantangan tersendiri.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana menerapkan 3 kunci sukses pengelolaan SDM ke dalam program management trainee di perusahaan Anda, tentunya untuk menyiasati tantangan dan hambatan-hambatan yang berpotensi Anda hadapi kedepannya.

Tantangan serta hambatan tersebut hadir tidak semata-mata untuk bagian/departemen HRD saja, melainkan dapat berpotensi menjadi masalah tersendiri bagi departemen lain yang seringkali luput dari perhatian kita.

Seperti yang kita ketahui, program management trainee adalah sebuah program dimana Anda menempatkan rekrutan dari eksternal atau internal perusahaan yang dididik dan dikembangkan untuk mengisi posisi manajerial di perusahaan dengan pengawasan dari manajer yang sudah berpengalaman, sesuai dengan area bisnisnya.

Baca Juga Artikel: Management Trainee: Definisi dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Banyak Masalah SDM dan Bingung Mana yang Harus Diprioritaskan?

Gunakan tool gratis yang kami sediakan ini dengan Klik Tombol di bawah ini, GRATIS

Program  ini secara tidak langsung menempatkan beberapa “orang baru” di posisi yang cukup “spesial” dalam perusahaan.

Program ini pun tidak hadir secara bebas resiko apabila Anda tidak hati-hati. Risiko-risiko yang hadir dalam implementasi program management trainee seperti:

  1. Kurangnya komunikasi internal
  2. Kurangnya kapabilitas mentor dan coach
  3. Penolakan dari rekan kerja (atau bahkan leader) sekitar
  4. Talent War
  5. Berpotensi “dibajak” oleh kompetitor
  6. Pengembangan talenta yang tidak konsisten
  7. Kurangnya proyek yang dilibatkan

Untuk menghadapi hal tersebut, mari kita lihat program ini dari 3 Kunci Sukses Pengelolaan SDM (miliki bukunya DISINI)

MINDSET

Semua berawal dari mindset. Ketika kita membahas soal program management trainee, terdapat beberapa pertanyaan hal yang perlu HC Practitioner ketahui:

  • Apa value yang ingin dibangun?

Coba Anda perhatikan kembali visi, misi, dan value perusahaan Anda. Apakah pelaksanaan program ini dapat merealisasikan ketiga hal tersebut? Yakinkah Anda bahwa SDM yang Anda miliki saat ini dapat melakukan pengembanagn dan pelatihan kepada para management trainee untuk menyelaraskan mereka dengan visi, misi, dan value perusahaan? (pelajari Selengkapnya DISINI?

  • Siapkah Perusahaan Anda belajar?

Apabila dilihat secara lebih luas, program ini bukan hanya sekedar memberikan pelatihan dan pembelajaran. Lebih dari itu, seluruh elemen perusahaan yang terlibat harus bersedia untuk belajar bersama dengan trainee tersebut. Tentunya hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa rekan kerja yang bersinggungan langsung dengannya, dimana ia harus memaksa dirinya belajar dari orang yang relatif baru di perusahaan.

  • Apakah Perusahaan Anda benar-benar membutuhkan ini?

Ini yang paling penting. Tidak ada gunanya membuat program management trainee apabila Anda sebagai Business Owner atau HC Practitioner belum yakin akan keperluan atau urgensi dari adanya program ini. Tapi, tidak ada salahnya membuat rancangan dan strategi untuk diimplementasikan dalam beberapa term kedepan.

Diskusikan kembali dengan rekan rekan Anda. Bagaimanapun, secanggih apapun sistem yang Anda buat tidak akan memiliki pengaruh yang besar bagi kesuksesan perusahaan apabila mindsetnya tidak sejalan (PELAJARI SELENGKAPNYA DISINI)

SISTEM

Pembahasan tentang sistem tidak akan keluar dari hal-hal teknis dan implementasinya dalam program management trainee ini.

  • Ketahui Kebutuhan Perusahaan Anda

Tidak semua perusahaan memiliki kebutuhan pelatihan yang sama. Ini sebabnya Anda harus melakukan asesmen berkala dan kembali melihat job analysis sebelum mulai merancang sistem atau strategi kedepannya. Kami dapat membantu Anda untuk mengetahui kebutuhan perusahaan Anda, segera cek ASSESSMENT CENTER.

  • Buat program pelatihan dan pendampingan yang tepat!

Sebelum membuat program pelatihan, pastikan juga Anda memiliki trainer-trainer handal yang siap untuk mengedukasi calon-calon manajer Anda. Setelah itu, rancang bersama tim Anda. Lalu, jangan lupa membuat matrix dan modul program management trainee untuk membantu Anda dan tim tetap on track terhadap proses program ini.

  • Evaluasi Keseluruhan

Setelah Anda merancang dan mengimplementasikan program management trainee di perusahaan, lakukanlah evaluasi baik kepada para trainee maupun dari sisi program secara keseluruhan. Hal ini dilakukan agar Anda bisa menemukan sisi – sisi yang dapat menjadi ruang pengembangan program Anda. Dan untuk evaluasi peserta management trainee, Anda dapat menggunakan FORM EVALUASI KINERJA yang dapat Anda gunakan secara praktis DISINI.

LEADERSHIP

Ini yang seringkali luput dari pengawasan Human Capital Practitioner. Siapa yang akan mengawal trainee-trainee yang Anda bawa masuk ke perusahaan kalau bukan manager-manager/senior supervisor?

Penting untuk menanamkan sense of leadership pada posisi-posisi manajerial Anda. Sehingga mereka yang mengawal proses Management Trainee di lapangan dapat memberikan dukungan yang optimal, baik.

  • Great Leader creates New Leader

Leader disini bukan hanya sekedar posisi jabatan saja, tapi lebih merujuk tentang bagaimana seorang leader bisa menginspirasi para trainee untuk menjadi leader yang bisa mewujudkan visi, misi, dan value perusahaan Anda. Tiap Leader memiliki gayanya masing-masing dalam mendidik dan mengembangkan tim nya. Cek FREE TOOLS LEADERSHIP berikut untuk mencari tahu gaya kepemimpinan tipe leadership Anda!

  • Sudah Adakah Charismatic Leader?

Tipe leader yang hanya dengan kehadirannya saja dapat memberikan pengaruh dalam tim. Pernahkah Anda mendambakan tipe leader seperti ini Ada di perusahaan Anda? Kalau Ada, Anda akan sangat terbantu untuk dapat menduplikasi sosoknya dalam program ini. Pelajari cara-cara menjadi sosok charismatic leader di FREE EBOOK 19 Guidelines to Build Your Leadership Charisma

Atau, Anda juga bisa bergabung dalam kelas LEADERSHIP 101 yang bisa Anda akses secara on-demand DISINI.

So… What’s Next?

Perlu diingat juga bahwa kunci sukses management trainee membutuhkan sinergi dari 3 elemen ini, berfokus hanya pada 1 atau 2 kunci saja tidak akan mengakselerasi program management trainee di perusahaan Anda menjadi lebih sukses. Jadi, mana diantara 3 kunci sukses tersebut yang masih menjadi TANTANGAN bagi perusahaan Anda? Simak pembahasaanya lebih detail di LIVE ONLINE TRAINING: Merancang Program Management Trainee yang Efisien di Perusahaan Anda (tonton rekamannya juga).

Bagi Anda yang ingin berdiskusi dengan lebih lanjut tentang management trainee, sila berdiskusi bersama kami di

Let’s Grow!

Naufal Fathanah



Tags


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>