January 31, 2024

Tahun Baru, Strategi Rekrutmen Baru!

0  comments

Business Leader memiliki keahlian unggul dalam menghadapi ketidakpastian, dihadapkan pada berbagai kejutan dan tantangan sehari-hari. Era Covid-19 menjadi ujian nyata di mana manuver cepat dan strategi adaptasi menjadi kunci untuk bertahan dan bahkan berkembang di tengah kondisi yang tidak stabil. Untuk para pemilik bisnis yang berhasil melewati badai ini, ucapan selamat sepatutnya diberikan, karena mereka telah menunjukkan keberanian dan kepemimpinan yang luar biasa.

Melangkah ke tahun 2024, di mana era digital semakin sulit untuk dihindari, kemampuan untuk beradaptasi atau “AGILITY” menjadi keharusan mutlak bagi seorang pemilik bisnis. Perubahan teknologi yang pesat, tuntutan pasar yang dinamis, dan pergeseran perilaku konsumen menuntut fleksibilitas dan ketangkasan dalam mengambil keputusan.

Namun tantangan-tantangan baru dalam beberapa tahun terakhir membuat para SDM berpengalaman tetap waspada. Perubahan cepat di tempat kerja dan kemajuan teknologi kecerdasan buatan (AI) tidak hanya  membawa inovasi, namun juga kompleksitas baru bagi manajer perekrutan. Di lingkungan bisnis saat ini, kepemimpinan SDM perlu tetap lincah dan dapat beradaptasi.

Dalam konteks rekrutmen, business owner perlu menyadari bahwa merekrut individu dengan kemampuan adaptasi dan keterampilan yang dapat berubah seiring waktu menjadi kunci kesuksesan. 

Mencari karyawan yang tidak hanya memiliki keahlian teknis yang solid tetapi juga kreatif, inovatif, dan terbiasa dengan perubahan menjadi strategi yang lebih penting daripada sebelumnya.

Berikut adalah lima tips untuk perekrutan yang lebih cerdas dan efektif pada tahun 2024 dan seterusnya:

1. Pahami Tujuannya!

Memahami dengan jelas tujuan perekrutan merupakan langkah krusial dalam menciptakan tim yang berkualitas dan berdaya saing. Rincikan dengan seksama apakah fokus perekrutan Anda adalah untuk menarik kandidat yang lebih beragam, sehingga mencerminkan nilai inklusivitas dan keberagaman dalam lingkungan kerja. Atau mungkin, tujuan Anda adalah memperluas tim dengan cepat untuk menghadapi permintaan pasar yang tumbuh pesat. Penting untuk merinci jenis keterampilan dan karakteristik yang Anda cari pada calon karyawan agar perekrutan berjalan efisien.

Untuk memastikan proses rekrutmen di perusahaan Anda mendapatkan talent-talent berkualitas, penting juga untuk menyelaraskan tujuan perekrutan dengan VISI, MISI, dan STRATEGI perusahaan secara keseluruhan. Pastikan juga bahwa tiap talent yang bekerja di perusahaan Anda memiliki landasan VALUE yang sesuai dengan perusahaan.

2. Tingkatkan Branding Perusahaan 

Gabungkan pencarian pekerjaan dengan branding perusahaan. Kandidat terbaik pasti mencari tahu lebih banyak terkait perusahaan Anda. Pastikan brand perusahaan Anda terdengar dengan jelas di semua platform yang berhubungan dengan pelamar. 

  • Perbarui halaman web karir perusahaan dengan informasi yang menarik.
  • Cek kembali media sosial perusahaan Anda.
  • Cek kembali review google maps perusahaan Anda.
  • Buat branding dan kesan yang mau perusahaan Anda bangun.

3. Cari Kolam yang tepat! 

Pilih tempat perekrutan dengan bijak. Jangan hanya memasang deskripsi pekerjaan secara luas; fokus pada tempat perekrutan yang sesuai dengan kualifikasi yang Anda butuhkan. Gunakan papan pekerjaan khusus atau platform media sosial yang sesuai dengan demografi kandidat, terutama dengan pertumbuhan Generasi Z. 

Tidak hanya itu, gunakan koneksi dan jejaring yang Ada di media sosial Anda. Memaksimalkan grup telegram dan facebook juga bisa membantu Anda menjaring kandidat potensial.

Banyak cara-cara yang dapat dilakukan business owner untuk menjadikan prosesnya menyenangkan. Bisa dengan membuat bootcamp khusus untuk menjaring talent-talent berkualitas, menyaringnya dan kemudian memberikan offering bagi mereka yang menunjukan potensi yang baik selama mengikuti kelas.

Anda juga bisa memaksimalkan komunitas-komunitas dengan skill tertentu untuk mendapatkan akses ke mereka yang memiliki skill khusus. 

Membuat kompetisi di bidang tertentu juga merupakan cara kreatif yang bisa business owner gunakan. 

Jadi sebenarnya, Anda bisa membuat kolam Anda sendiri untuk menjaring talenta berkualitas.

4. Candidate Experience itu PENTING!

Tingkatkan proses pengalaman rekrutmen kandidat. Evaluasi kembali proses wawancara dan perekrutan dengan fokus pada teknologi. Agendakan interview menggunakan Zoom, Menyesuaikan metode wawancara dengan memanfaatkan teknologi seperti Zoom dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan kandidat. Ini tidak hanya mempersingkat jarak, tetapi juga menunjukkan keselarasan perusahaan dengan tren teknologi terkini.

Banyak talent berkualitas di era saat ini yang kurang menyukai proses rekrutmen yang terlalu panjang. Jadikan proses rekrutmen di perusahaan Anda semenyenangkan mungkin! 

Terakhir, sampaikan informasi mengenai proses rekrutmen dan harapan dengan jelas. Keterbukaan menciptakan kepercayaan dan mengurangi ketidakpastian kandidat.

5. Bijak dalam menggunakan bantuan AI

Terapkan pendekatan berbasis data, tapi hati-hati dengan penggunaan AI. Manfaatkan analitika dan pengambilan keputusan berbasis data, tetapi jangan lupa peran penting manusia dalam menarik dan mengevaluasi kandidat. Gunakan alat AI dengan bijak untuk efisiensi, namun pertahankan koneksi manusiawi dalam proses perekrutan.

So.. What’s Next?

Sebagai Business Owner, perjalanan rekrutmen merupakan petualangan yang tak terhindarkan dan krusial bagi kesuksesan perusahaan. Dalam menghadapi dinamika pasar dan perkembangan teknologi, kami menyadari bahwa rekrutmen bukan sekadar pencarian bakat, tetapi juga menciptakan fondasi keberlanjutan dan pertumbuhan jangka panjang. Simak pembelajaran penting tentang rekrutmen di HCA ONLINE MENTORING PROGRAM.

Kami mengajak para pemilik bisnis untuk terus beradaptasi dengan perubahan, merangkul inovasi, dan menghadapi tantangan rekrutmen sebagai peluang untuk memperkuat fondasi bisnis. Dengan demikian, kita tidak hanya merekrut bakat terbaik, tetapi juga membangun tim yang tangguh dan mampu menghadapi masa depan dengan keyakinan. Diskusi dan berbincanglah bersama kami di KONTAK KAMI.

Let’s Connect!

Naufal F


Saya merupakan seorang yang selalu lapar akan pengetahuan baru, update, serta banyak penyusun lainnya. Human captal merupakan keilmuan yang saya kuasai dengan beragam dinamika didalamnya, mengelolah manusia dalam setting organisasi perencaranaan dan melaksanakan pengembangan untuk kebaikan dirinya dan organisasi secara umum.


Tags


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>