July 3

Sudah Adakah 5 Fungsi HRD Ini di Perusahaan Anda?

0  comments

Fungsi HRD dalam bertugas menjadi sumbu perputaran SDM dalam perusahaan bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan dan dikuasai untuk bisa memastikan bahwa SDM di perusahaan Anda perform dengan optimal. 

Tidak melulu tentang SDM saja, Human Capital juga perlu menjadi pendukung bagi bisnis perusahaan. Tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Human Capital. Yang mana dalam hal ini, HC perlu berperan dalam memikirkan strategi-strategi untuk bisa membantu unit bisnis lain mencapai targetnya.

Urusan tentang Administrasi dan data-data karyawan pun terkadang menambah kerumitan pekerjaan Human Capital sehari-hari. Mulai dari data karyawan, penggajian, dan kegiatan administrasi lainnya. 

Pengelolaan tentang hubungan industrial perusahaan, mengurus surat-surat legal, dan mengelola peraturan-peraturan/legal di perusahaan juga membutuhkan WAKTU yang cukup lama untuk bisa menetapkannya secara optimal. 

Belum lagi ditambah dengan kegiatan rekrutmen, yang mana kita semua tahu bahwa hal ini yang sering bikin para HC Practitioner dan para leader-leader lain geregetan sendiri. 

Untuk bisnis yang sudah besar dan punya sistem yang tertata dengan baik, mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah. Tapi bagi bisnis menengah dan kebawah, mencari star talent bagi perusahaan adalah hal yang sangat menantang untuk dilakukan. 

Paling menyebalkan lagi, saat karyawan terbaik Anda pindah ke kompetitor! Khawatir kompetitor tahu apa yang menjadi keunggulan Anda, di tengah bisnis yang memiliki persaingan tinggi saat ini.

Setelah selesai dengan masalah-masalah di atas, ada satu lagi tugas dan fungsi HRD yang sangat krusial, yaitu tentang pengembangan karyawan! Banyak HC Practitioner yang masih bingung harus bagaimana untuk bisa meningkatkan kompetensi para leader dan timnya. 

Yang mana berpotensi membuat mereka akan kesulitan memiliki mental dan mindset kerja yang produktif dan hanya datang ke kantor untuk “datang bekerja” saja. Tidak ada motivasi untuk terus berkembang.

Bahkan tidak sedikit pula perusahaan yang sistem pengembangan perusahaannya “mandeg” atau bahkan tidak ada sama sekali. 

“tugas dan fungsi HRD ternyata banyak sekali ya?!” 

Hal tersebut benar adanya. Lalu, dengan banyak TUGAS DAN TUTUTAN yang harus dipenuhi olehnya, Apa yang sebenarnya HC Practitioner/perusahaan butuhkan untuk memastikan semua hal tersebut berjalan dengan sesuai? 

Sebuah Sistem.

Anda perlu memiliki sistem HC yang dapat membantu Anda mengoperasikan mengelola tugas-tugas Anda dengan optimal. 

Mulai dari mana?

Dalam Human Capital Online Mentoring Program, ada 5 fungsi HRD yang perlu Anda perhatikan dalam membuat sistem yang tepat untuk perusahaan Anda. 

Sambil melanjutkan membaca, sangat disarankan bagi Anda untuk berkunjung ke halaman Human Capital ARTchitect Online mentoring Program untuk membantu Anda memahami fungsi HRD lebih dalam secara praktikal.

1. Mulai dari pondasi Awal, Organizational Development. 

Organizational Development Management adalah area pertama yang ada dalam Human Capital ARTchitect. Bayangkan sebuah perusahaan adalah seperti sebuah rumah. Dimana dalam membangun rumah dibutuhkan adanya PONDASI yang kokoh. Dan bagaimana sebuah rumah bisa bertahan lama, jika tidak memiliki pondasi yang baik?

Di bagian ini, Anda akan mempelajari dan mendapatkan berbagai template serta dokumen: 

2. Bahas peraturan, bahas industrial relations

Sering mengalami KONFLIK antara perusahaan dengan karyawan? Apakah Anda pernah melihat kembali ke kebijakan-kebijakan yang ada di perusahaan? Seringkali sumber konflik di perusahaan karena ketidakjelasan kebijakan mengenai SDM di sebuah perusahaan.

 

Di bagian ini, Anda akan mempelajari dan mendapatkan beragan template serta dokumen: 

3. Lanjut dengan Compensation dan Benefit!

Sebaik dan semenarik apapun visi, misi dan budaya perusahaan, namun area ini tetap saja perlu dipikirkan. Sebab, kebutuhan mendasar seorang karyawan bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan mendasarnya. Maka, banyak perusahaan juga memang menyebutkan bahwa urusan dengan karyawan mereka pada akhirnya adalah “ujung-ujungnya duit”. Atau dalam hal ini, sistem pengupahan dan manfaat (benefit) yang diterima karyawan menjadi pertimbangan penting bagi produktivitas SDM itu sendiri. 

Di bagian ini, Anda akan mempelajari dan mendapatkan beragan template serta dokumen:

4. Kembangkan karyawan di People Development

Area people development management di perusahaan, sangat sering dikaitkan dengan proses hal-hal yang berkaitan dengan training. Mulai dari kurikulum training, modul training atau bahkan desain trainingnya sendiri. Namun, ternyata area People Development Management tidak hanya soal training.

Di bagian ini, Anda akan mempelajari dan mendapatkan beragan template serta dokumen

5. Atur sistem rekrutmen dan data karyawan di Employment Management

Proses rekrutmen seringkali menjadi tantangan banyak perusahaan. Efek jangka panjangnya adalah perusahaan dapat menerima kandidat yang salah, sehingga proses rekrutmen menjadi BUANG WAKTU, BUANG BIAYA, dan BUANG TENAGA. Penting sekali bagi perusahaan, benar-benar merancang proses rekrutmen ini bahkan sampai dengan pengelolaan data.

Di bagian ini, Anda akan mempelajari dan mendapatkan beragan template serta dokumen:

So… What Next? 

Penjelasan di atas hanya sebagian dari banyaknya hal yang perlu Anda pelajari di HCA Online Mentoring Program. Dapatkan aksesnya segera di sini! 

Apabila Anda ingin bertanya dan berdiskusi bersama kami terkait HCA Online Mentoring Program, Anda bisa menghubungi kami di Kontak Kami.

Let’s Grow!

Naufal Fathanah



Tags

Business Owner, Human Capital Practitioner


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>