October 18

PENTING! BEGINI RAHASIA LEADER MENEMUKAN TALENTA TIM 

0  comments

By Naufal Fathanah

Hai Professional Leader, Business Owner, dan HC Practitioner. Semoga Anda selalu sehat dan terus diberi kemampuan untuk mengantarkan tim Anda untuk naik ke level selanjutnya. Menjelang akhir tahun, mari kita kobarkan kembali api semangat untuk bisa meraih target-target yang belum terpenuhi. Sebelum tutup buku, momen akhir tahun ini sangat tepat bagi Anda untuk mengevaluasi kembali kinerja-kinerja tim Anda. Saya harap Anda tidak kehilangan semangat dan tetap sabar menghadapi cobaan-cobaan yang kerap kali datang di akhir tahun. Seperti Semangat tim yang menurun, fokus yang seringkali hilang, pikiran yang entah kemana, dan badan yang mulai goyah menunggu libur panjang di akhir tahun.

Pada artikel ini Saya akan kembali membahas tentang leadership. Kita akan mengupas bersama bagaimana cara Anda bisa membangkitkan kembali semangat dan memaksimalkan potensi-potensi yang dimiliki oleh tim. Tidak hanya memaksimalkan, tapi harapannya juga membantu Anda melihat talenta-talenta tersembunyi yang sampai saat ini mungkin belum nampak.

Membangkitkan semangat diri sendiri dan membangkitkan semangat rekan-rekan satu tim adalah perkara yang berbeda. Anda bisa memotivasi diri sendiri dengan banyak hal seperti melakukan hobi, diskusi dengan rekan sejawat, atau sekedar refreshing sebentar untuk memantik kembali bara semangat. Tapi, bagaimana Anda bisa menyelaraskan semangat yang Anda miliki untuk bisa diserap oleh rekan-rekan tim yang lain. Ini adalah salah satu kemampuan yang professional leader perlu asah (Mari asah DISINI!). Coba bayangkan apabila dalam satu tim hanya ada satu orang saja yang berapi-api, siap untuk menerjang beragam rintangan, sigap melakukan apapun, tapi rekan-rekan satu tim nya loyo.

Pernahkah Anda menonton sebuah pertandingan olahraga, baik itu sepak bola, basket, American Football? Apakah pernah terlintas di pikiran Anda bagaimana seorang pelatih dapat meramu sebuah formasi yang cocok untuk tim nya? Kira-kira apa yang ada di benak kepala pelatih tersebut sehingga ia bisa memotivasi tim nya untuk menghadirkan performa 100%, memenangkan sebuah pertandingan, dan membawa trofi bagi timnya?

Tiap pelatih memiliki pendekatan yang berbeda dalam melatih tim nya. As a leader, seorang pelatih yang baik mampu mengendalikan keadaan dan mengetahui tiap sisi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh timnya. Atau dalam istilah di dunia HRD dapat disebut sebagai talent mapping (konsultasikan talent mapping di perusahaan melalui HCA Online Mentoring Program). Melalui latihan rutin dan percobaan “iseng-iseng berhadiah” yang dilakukan tiap pertandingan, seorang pelatih dapat menemukan talenta tersembunyi yang mampu mengubah hasil akhir sebuah kompetisi.  Dalam artikel ini, saya akan mengambil contoh kasus dari salah seorang pelatih di liga Inggris.

Sebut saja pelatih Manchester United saat ini, Ole Gunnar Solskjaer. Ia mampu membangkitkan kembali api semangat yang dimiliki oleh pemain di posisi bek kiri, Luke Shaw yang sempat terseok-seok di awal kehadirannya di tim. Sekarang di bawah asuhan Ole, ia mampu merubah luke shaw yang awalnya dicap sebagai pembelian gagal menjadi salah satu bek kiri terbaik di liga Inggris. Penampilan apik nya di Manchester United juga membawa angin segar bagi timnas yang dibelanya, Inggris. Saat Euro 2021, ia juga sempat mencetak gol di final melawan Italia. Walaupun pada akhirnya gagal meraih trofi, Luke Shaw mampu membuktikan bahwa selama ini ia layak menempati pilihan utama sebagai bek kiri di klub dan timnas Inggris.

Banyak Masalah SDM dan Bingung Mana yang Harus Diprioritaskan?

Gunakan tool gratis yang kami sediakan ini dengan Klik Tombol di bawah ini, GRATIS

Musim ini seolah menjadi puncak karir bagi Luke Shaw. Mendapatkan durasi bermain dan rekognisi yang cukup dari media-media populer semakin membantunya meraih potensi-potensi yang selama ini ia miliki. Apa yang membuat Luke Shaw bisa bertransformasi menjadi salah satu bek kiri tertangguh di liga Inggris? Banyak media yang mengatakan bahwa saat ini Ole Gunnar Solskjaer sudah menemukan metode latihan yang tepat untuk Luke Shaw, yang mana saat awal kehadirannya ia kurang mampu bersaing dengan timnya. Lihatlah semangat, kepercayaan, dan keberanian yang diberikan seorang pelatih untuk mengambil risiko besar. Bagaimana tidak, memberikan kesempatan bermain untuk seorang pemain yang pada saat itu dicap medioker adalah keputusan yang berani.

Selain itu, Ole juga terlihat berani untuk memainkan talent-talent muda. Seperti Mason Greenwood. Pemain berusia 20 tahun itu saat ini memiliki porsi bermain reguler di Manchester United dan penampilannya pun tidak mengecewakan untuk seorang yang masih belia. Apa yang dilakukan Ole sehingga ia bisa menghadirkan performa terbaik yang dimiliki tim nya? Lalu, Apa alasan dibalik tim public relations nya yang selalu mengunggah postingan berisi kalimat-kalimat semangat tiap kali tim nya mengalami hasil di luar ekspektasi?

Professional leader, semua dilakukan Ole untuk menanamkan semangat yang sama pada semua elemen yang ada di tim. Baik itu tim senior, tim junior, dan staf-staf pendukung tim. Dengan keberaniannya memberikan kesempatan bermain kepada pemain belia, maka secara tidak langsung akan memberikan suntikan semangat bahwa pemain muda lainnya juga dapat memiliki kesempatan bermain apabila menunjukan performa yang gemilang saat latihan dan tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan. Ini akan mempermudah Ole dalam melihat talent  yang dimiliki oleh pemain tersebut. Karena bagaimana ia bisa tahu talent yang dimiliki tanpa melakukan asesmen terlebih dahulu?

Lalu, Saat tim Manchester United mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan ekspektasi (seri atau kalah), hampir seluruh pemain tim inti memberikan dukungan satu sama lain melalui akun media sosial mereka (Instagram, twitter, facebook). Para pendukung tim pun akan merasa bahwa tim yang selama ini mereka dukung memiliki keeratan emosional satu sama lain. Ole ingin menunjukan bahwa untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, semua elemen tim harus menunjukan performa maksimalnya (Untuk Anda yang ingin menguasai lebih banyak tentang alignment, silakan akses pembelajarannya atau berkonsultasi dengan kami di HCA Online Mentoring Program). Ini akan menumbuhkan rasa bahwa seluruh unsur yang ada dalam tim memiliki rekognisi dan kontribusinya masing-masing. Lagi-lagi tidak ada pemain yang lebih besar dari tim, bahkan Cristiano Ronaldo sekali pun. Semua punya porsinya masing-masing.

Oke, cukup cerita dari dunia sepakbola. Saya akan merangkum bagaimana cara leaders menemukan talenta yang dimiliki dalam tim dengan dan bagaimana cara menyatukan semangat satu tim. Mari kita jelajahi satu per satu!

Mulai dengan menanamkan sense of belonging 

Apa yang dilakukan oleh pelatih Manchester United untuk menanamkan sense of belonging dan mental kebersamaan yang kuat? Ia menginstruksikan tim public relation nya untuk mengunggah postingan di media sosial berupa kalimat semangat yang menandakan bahwa “kita melakukannya bersama-sama, menang atau kalah kita tetap satu tim!”. Ini membuat Anda, para leaders untuk lebih mudah menemukan talenta dan potensi dalam satu tim karena mereka merasa sedang dalam kondisi  maksimal yang sama. Tugas leaders selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan mereka untuk dapat bertahan dalam kondisi maksimal ini? (Simak juga 3 Pertanyaan Menantang untuk Para Leader)

Leaders state jangan sampai goyah!

Ketika Anda atau tim Anda mengalami sesuatu yang terjadi di luar ekspektasi, jangan biarkan itu mengganggu kondisi fisik dan emosional Anda sebagai leader.  Inilah yang membuat ole bisa bertahan melatih Manchester United sampai saat ini. Ia mampu untuk tetap tenang dan tetap dalam kondisi prima sebagai leader. Bayangkan jika Anda panik dan tidak tenang saat menghadapi suatu masalah dalam bisnis, pasti hal itu juga akan berdampak pada level semangat di tim Anda. Anda bisa mempelajari lebih dalam tentang hal ini melalui E-book Leader’s State, saat Anda mengikuti Online Workshop Be Dare To Lead, cek jadwal terdekatnya. “Kalau leader nya saja goyah, apalagi timnya”. 

Beri kesempatan, kurangi micromanagement

Tidak ada salahnya untuk memberikan supervisi kepada karyawan-karyawan Anda untuk memastikan apa yang Anda tugaskan dikerjakan dengan baik. Tapi, hal itu juga akan menghambat potensi karyawan Anda apabila dilakukan terlalu sering. Berilah mereka ruang kreativitas yang cukup agar bisa memberikan sesuatu yang berharga untuk perusahaan Anda. Mungkin saja salah satu karyawan Anda memiliki ide cemerlang yang mampu merubah sebagian proses operasional perusahaan. Cobalah berikan mereka ruang untuk berkreasi dalam menyelesaikan suatu tugas. Atau Anda juga bisa akses video pembelajaran tentang bagaimana memaksimalkan potensi mereka dengan Modul dan Matriks Training melalui HCA Online Mentoring Program

Luangkan waktu untuk asesmen

Ini adalah cara yang paling sering dilakukan untuk mengetahui potensi dan kompetensi yang dimiliki oleh karyawan Anda. Dari asesmen, Anda bisa mengetahui apa yang bisa ditingkatkan lagi oleh tim. Maksimalkan asesmen ini untuk bisa mengenal mereka lebih dalam dengan interview, FGD, case study, dan role play. Untuk mendapatkan tools dan guideline nya, silakan akses Premium Assessment Bundle yang sudah kami rancang untuk memaksimalkan asesmen Anda

Perhatikan Kompetensi

Untuk bisa mengetahui talenta apa yang bisa dikembangkan oleh tim Anda, tentunya Anda perlu memahami kompetensi apa yang perlu Anda kembangkan di masa depan. Sebagai bahan pertimbangan Anda dalam menentukan kompetensi yang ingin dikembangakan, kami sudah menyiapkan Handbook 33 Kompetensi Penting di Era New Normal. Atau Anda juga bisa membeli buku Competencies 4.0 untuk meningkatkan pemahaman kompetensi Anda.

Menjadi leader yang bisa melihat potensi dan menyelaraskan semangat satu tim memang perlu latihan. Kata siapa leadership bisa datang dari lahir? Faktanya, leadership bisa dipelajari dan bisa pula diajarkan. Silakan daftar dan ikuti Online Workshop Be Dare To Lead dimana Anda akan mempelajari seluk beluk tentang kepemimpinan yang kharismatik, tidak hanya secara teori namun juga praktikal. Kami juga mengadakan sesi bincang-bincang dan diskusi dengan para leaders, CEO, dan beragam pemimpin inspiratif yang rutin diadakan tiap bulan di Leaders Talk  Dimana Anda akan mendapatkan pembelajaran dan pengalaman yang akan membantu Anda dalam mengembangkan perusahaan Anda.

Untuk Anda yang ingin belajar dan mau berdiskusi lebih lanjut dengan kami terkait leadership silakan hubungi kami melaui https://sinergiaconsultant.com/kontakkami 

Let’s Connect!


Tags

Business, Human Capital Practitioner, Leaders


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>