PELATIHAN TES PSIKOLOGI - Sinergia Consultant

PELATIHAN TES PSIKOLOGI

SELAYANG PANDANG

Proses rekrutmen dan asesmen pada sebuah perusahaan, merupakan sebuah proses yang amat penting. Karena disinilah aset-aset sumber daya manusia diperoleh. Tentunya, perusahaan memilih orang yang tepat dan sesuai dengan kualifikasi jenis pekerjaan yang ada. Perusahaan perlu mengetahui calon karyawannya, baik secara kemampuan yang dimiliki bahkan dari sisi psikologisnya sekalipun, untuk dapat memperoleh karyawan yang tidak hanya mampu secara kognitif namun juga memiliki nilai tambahan yang berupa nilai personal masing-masing orang.

Maka, yang menjadi acuan selanjutnya adalah alat tes seperti apa yang mampumengukur calon karyawan secara keseluruhan. Dan apakah orang-orang yang ada dalam posisi rekrutmen telah mempunyai cukup lisensi melakukan pemeriksaan psikologis (non-psikolog).

Adanya alat-alat tes yang berkembang dan dapat diadministrasikan sekalipun oleh orang-orang non-psikologi, sesungguhnya sangat membantu sebuah proses rekrutmen dan asesmen karyawan. Sinergia Consultant membuka kesempatan bagi para HR dalam perusahaan untuk dapat selalu update mengenai alat tes baru sampai dengan mampu mengadministrasikan alat tes tersebut. Tidak hanya itu, HR juga dapat menginterpretasikan dan membuat profil singkat dari hasil pemeriksaan yang dia lakukan.

TUJUAN

Mengetahui macam-macam tes psikologi yang dapat digunakan oleh non-psikolog sekalipun

  • Mengetahui cara administrasi penggunaan tes psikologi sehingga dapat digunakan secara mandiri pasca pelatihan
  • Mampu merancang dan memikili konsep penyusunan alat tes yang tepat untuk suatu kasus / job-desc tertentu
  • Mampu menyusun suatu profil psikologis seseorang

SISTEM & METODOLOGI

Sistem yang digunakan dalam pelatihan ini adalah “fasilitasi”, dari peserta untuk peserta  sehingga kami tidak menggunakan roleplay atau latihan – latihan yang sifatnya ilustratif. Karenanya kami menfasilitasi peserta untuk menggunakan “Real Case” dalam latihaan agar lebih aplikatif dalam pekerjaanmereka sehari – hari.

Metodologi yang digunakan berbasis dari alat-alat tes psikologi yang telah digunakan oleh beberapa ahli dan telah diuji kebenarannya. Serta, alat-alat tes yang telah diproduksi dan diuji oleh tim Sinergia Consultant ketika melakukan proses rekrutmen dan asesmen pada sejumlah perusahaan.

POKOK MATERI

  • Pengantar Tes Psikologi untuk non-psikolog
  • Tes Intelegensi dengan WPT form A dan B
  • Tes Kepribadian dan sikap kerja dengan DISC dan MBTI
  • Panduan wawancara dengan MPVI
  • Focus Group Discussion (FGD) sebagai tes
  • Pembuatan profil psikologis singkat

BIAYA PELATIHAN

Professional fee untuk 2 hari dengan jumlah peserta min 10 orang adalah sebesar Rp. 30.000.000,-.

Biaya tersebut sudah termasuk :

  • Persiapan program & materi
  • Fasilitator & co-fasilitator
  • Alat-alat tes yang digunakan

Biaya tersebut belum termasuk :
Transportasi dan Akomodasi fasilitatordan pesertaselama pelatihan

Penambahan peserta dikenakan biaya Rp. 3.500.000,-/ orang.

Hal –hal yang bersifat teknis mengenai ketentuan pembayaran akan di sampaikan terpisah melalui Memorandum of Understanding..