August 18, 2023

Menggali Potensi People Analytics untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi.

0  comments

People Analytics telah menjadi suatu pola kerja yang semakin penting dalam menata sistem Human capital di perusahaan. Ini merupakan pendekatan yang berbasis data untuk menggali informasi dari karyawan dan menggunakannya untuk membuat keputusan strategis yang lebih baik dalam perusahaan. 

Dalam artikel ini membahas konsep People Analytics dan bagaimana bisa penggunaannya dapat meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Era perkembangan teknologi informasi saat ini, perusahaan menghadapi ledakan data, termasuk bagaimana data mengenai karyawan mereka, sehingga perlu metode komprehensif dalam mengelola data tersebut menjadi sesuatu yang lebih strategis melalui people analytics.

People Analytics mencakup penggunaan alat analisis data, teknik statistik, dan kecerdasan buatan untuk menggali wawasan berharga dari data HRM. Melalui analisis data karyawan, perusahaan dapat memahami tren, pola, dan perilaku yang mendasari kinerja individu dan tim.

Namun apa sebenarnya manfaat yang dapat dirasakan perusahaan apabila menerapkan metode pendekatan ini dalam perusahaannya, berikut manfaat People Analytics:

1. Pengambilan Keputusan Berbasis Fakta 

Penggunaan People Analytics membantu manajer dan pemimpin dalam mengambil keputusan berbasis data daripada berdasarkan intuisi semata. Dengan data yang akurat dan terpercaya, perusahaan dapat meningkatkan keputusan HRM mereka.

2. Meningkatkan Efisiensi Rekrutmen 

Dengan menggunakan analisis data, perusahaan dapat mengidentifikasi sumber calon yang paling efektif, dasar perhitungan employee cost per hire, mengurangi waktu perekrutan, dan meningkatkan akurasi dalam mencocokkan calon dengan kebutuhan perusahaan.

3. Mengurangi Turnover Karyawan

People Analytics memungkinkan identifikasi faktor-faktor yang berkontribusi pada turnover karyawan, sehingga perusahaan dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan retensi dan keterlibatan karyawan.

4. Menilai Kinerja Individu dan Tim

Data HRM yang dikumpulkan dapat membantu dalam penilaian kinerja karyawan, memberikan umpan balik yang lebih objektif dan memungkinkan pengenalan bakat yang lebih baik.

5. Prediksi Pengembangan Karir

Dengan menggunakan analisis prediktif, perusahaan dapat mengidentifikasi potensi karyawan untuk promosi dan pengembangan lebih lanjut. Analisis juga termasuk bagaimana proyeksi masa depan dari talenta itu sendiri yang dilakukan dengan penggalian data secara mendalam sehingga pembuatan jalur karir bisa redirect dengan tepat.

6. Pengelolaan Kesejahteraan Karyawan

People Analytics dapat membantu mengidentifikasi tingkat stres dan kepuasan karyawan, sehingga perusahaan dapat mengimplementasikan program kesejahteraan yang lebih efektif.

Tantangan dalam Implementasi People Analytics

Meskipun potensi besar People Analytics, ada beberapa tantangan yang harus diatasi, termasuk masalah privasi data, kebutuhan untuk infrastruktur teknologi yang kuat, dan kesadaran karyawan tentang penggunaan data mereka dalam proses pengambilan keputusan.

Namun untuk melaksanakan itu semua talenta dengan kemampuan seperti apa yang harus disiapkan perusahaan untuk memenuhi fungsi people analytics, Berikut Kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang people analytics:

  1. Pemahaman Bisnis dan HR: Memahami aspek-aspek bisnis dan fungsi sumber daya manusia (HR) secara mendalam akan membantu Anda menghubungkan analisis data dengan tujuan bisnis dan strategi organisasi.
  2. Pemahaman Teknologi dan Alat Analitis: Mengetahui cara menggunakan perangkat lunak analisis data seperti Excel, Python, R, atau alat statistik lainnya akan sangat berguna. Selain itu, pemahaman tentang pengolahan bahasa alami (NLP) dan machine learning juga dapat membantu dalam analisis yang lebih canggih.
  3. Keterampilan Data Visualization: Kemampuan untuk menggambarkan temuan analisis secara visual melalui grafik, diagram, dan laporan yang mudah dimengerti akan membantu Anda berkomunikasi dengan pemangku kepentingan di berbagai tingkatan.
  4. Kemampuan Penelitian: People analytics sering melibatkan merancang dan melaksanakan penelitian untuk menjawab pertanyaan tertentu tentang karyawan. Kemampuan merancang metodologi penelitian yang kuat dan mengumpulkan data relevan adalah keterampilan penting.
  5. Etika dan Kepatuhan: Memahami masalah privasi dan etika terkait penggunaan data karyawan adalah penting. Anda harus mengikuti pedoman etika dan peraturan hukum terkait dalam mengelola data karyawan.
  6. Kemampuan Pemecahan Masalah: Anda akan dihadapkan pada berbagai masalah dan tantangan yang membutuhkan pemikiran kritis dan kreatif untuk dipecahkan.
  7. Kemampuan Konsultasi dan Kolaborasi: People analytics sering melibatkan bekerja sama dengan berbagai departemen dan pemangku kepentingan dalam organisasi. Kemampuan untuk berkolaborasi dan memberikan saran yang berharga adalah penting.
  8. Pemahaman Psikologi dan Behavior Karyawan: Memahami faktor-faktor psikologis dan perilaku karyawan dapat membantu Anda menghubungkan data dengan motivasi, kepuasan, dan kinerja mereka.
  9. Pengalaman Industri: Memiliki pemahaman mendalam tentang industri tempat Anda bekerja akan membantu Anda merancang analisis yang lebih relevan dan bermanfaat

Kesimpulan

People Analytics merupakan alat yang kuat untuk meningkatkan kinerja organisasi melalui penggunaan data HRM yang cerdas dan berbasis bukti. Dengan implementasi yang tepat dan pemahaman tentang potensi dan tantangannya, perusahaan dapat mengoptimalkan potensi karyawan dan mencapai tujuan bisnis mereka dengan lebih efisien.

What’s Next?

Mempersiapkan suatu ekosistem yang mendukung penerapan people analytics di perusahaan, dengan menata hal-hal yang utama terlebih dahulu baru mencoba untuk menerapkan konsep metode ini.

Dengan pendekatan sistem mindset dan leadership dipercaya mampu mencakup pembentukan people analytics, lalu bagaimana ketiga pendekatan tersebut diterapkan di perusahaan?? Mari berkonsultasi bersama kami.

Dan juga akan ada pembahasan mendalam mengenai people analytics dalam human capital conference by Sinergia Group Indonesia, akan banyak pembahasan mengenai perubahan di dunia HR proyeksi kedepan dengan tetap memperhatikan kemanusiaan di dalam perkembangan tersebut.

Terima kasih 🙂

Naufal F


Saya merupakan seorang yang selalu lapar akan pengetahuan baru, update, serta banyak penyusun lainnya. Human captal merupakan keilmuan yang saya kuasai dengan beragam dinamika didalamnya, mengelolah manusia dalam setting organisasi perencaranaan dan melaksanakan pengembangan untuk kebaikan dirinya dan organisasi secara umum.


Tags


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>