November 15

LEADERS, 4 SIKAP INI BIKIN KARYAWAN ANDA TIDAK BETAH

0  comments

By Naufal Fathanah

Halo para Professional Leaders sekalian dimanapun Anda berada. Semoga tetap semangat dalam membimbing tim Anda. Pastikan juga untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar senantiasa prima dan siap menghadapi hari-hari yang saat ini mulai memasuki musim penghujan. Selalu ingatkan juga pada tim Anda untuk menjaga kesehatan baik fisik maupun mental di penghujung tahun ini, karena pastinya ada target yang harus dikejar dan omzet yang harus dilampaui di tahun ini. Selalu keep in touch dengan tim Anda. Jaga performa mereka agar tetap maksimal dan atur tempo sebaik mungkin agar kondisi mereka tidak drop memasuki akhir tahun dan bisa memberikan kontribusi secara maksimal.

Baik, cukup wejangan saya di awal artikel ini. Itu adalah sedikit himbauan dari saya agar Anda para Professional Leader tidak lupa akan kondisi tim Anda. Tentu Anda bisa sadari bahwa sebagai seorang pemimpin, keberadaan serta kehadiran Anda bisa sangat menentukan keberhasilan dan kesuksesan dalam tim. Tidak hanya tim, bahkan dalam lingkup yang lebih besar, seorang Professional Leader juga bisa menghadirkan aura positif bagi perusahaan yang tanpa disadari akan berpengaruh terhadap kontribusi dan kinerja seluruh elemen. Maka dari itu, penting bagi Anda sebagai Professional Leader untuk bisa membagikan energi-energi positif bagi tim dan rekan-rekan kerja di sekitar Anda. Karena, tiap tindakan yang Anda lakukan, sekecil apapun itu, sedetail apapun itu, pasti akan berdampak bagi tim. Percayakah kalau saya bilang bahwa anggota tim Anda selalu memperhatikan gerak-gerik Anda?

Coba Anda perhatikan pembawaan diri sebagai seorang Leader. Dari cara Anda berkomunikasi, berinteraksi, dan hal-hal kecil lainnya seperti memanggil nama atau sekedar cara Anda berjabat tangan saja seringkali sudah bisa memberikan persepsi tertentu bagi tim Anda. Dan yang namanya persepsi, tentu bisa salah dan bisa benar, bisa sesuai dan bisa tidak. Yang seringkali menjadi masalah adalah bagaimana bila yang dipersepsikan oleh tim Anda tidak sesuai dengan apa yang ingin Anda perlihatkan sebagai leader. Kalau dari hal-hal kecil saja tim Anda sudah bisa memiliki persepsi dan pendapat yang bermacam-macam tentang Anda, bagaimana dengan hal yang lebih besar seperti memberikan instruksi, membahas target, memimpin ruang diskusi? Sungguh akan sangat besar dampaknya bagi tim Anda.

Dampaknya tidak main-main dan seperti yang saya katakan di awal, dampaknya tidak hanya dirasakan dalam tim bahkan juga bisa terasa di seluruh elemen perusahaan. Tidak jarang saya mendengar kabar seorang leader di sebuah perusahaan yang dengan berat hati harus merelakan karyawan terbaiknya mengundurkan diri hanya karena ketidakcocokkan dan kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Sering juga saya menemukan seorang karyawan yang resign karena merasa tidak cocok untuk bisa bekerjasama dengan pemimpinnya. Bahkan ada lagi, seorang karyawan yang memutuskan hubungan kerjanya karena merasa leader nya terlalu keras dan tidak memberikan dukungan yang cukup padanya, apa yang ia kerjakan tidak pernah di apresiasi.

Mendengar cuplikan cerita di atas seolah membuat seorang Professional Leader menjadi serba salah, hal sekecil apapun yang dilakukan pasti memberikan persepsi tertentu bagi tiap anggota dalam tim. Ada yang cocok, ada yang tidak cocok. Ada yang tahan, ada juga yang tidak tahan. Hal yang seringkali Anda rasa kecil dan remeh pun ternyata bisa berdampak besar bagi perusahaan. Tanpa disadari leaders pun melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang akhirnya membuat tim nya tidak perform, tidak nyaman, kontribusinya mulai minim, dan akhirnya memutuskan untuk resign.

Saya yakin kalau Anda sebagai Professional Leader memiliki jadwal yang padat. Saya pun bisa memastikan isi kalender Anda penuh dengan jadwal meeting dan uraian proyek-proyek yang perlu Anda koordinasikan dengan tim Anda. Panggilan telepon dari rekan-rekan Anda pun seringkali tidak bisa Anda hindari lagi. Seolah 24 jam hidup Anda harus didedikasikan untuk keberlangsungan perusahaan dan juga demi kelancaran proyek-proyek yang Anda kelola. Dan disinilah waktu dimana kemampuan leadership Anda diuji total. Cara Anda untuk bisa mengomandoi tim Anda dengan kepala dingin dan tetap mempertahankan leader’s state Anda merupakan tantangan tersendiri bagi para Professional Leader (KUASAI LEBIH BANYAK TENTANG PEMBELAJARAN LEADER’S STATE DISINI). Dari sinilah bibit-bibit miskomunikasi dan kesalahpahaman yang menggoyahkan kenyamanan bekerja dalam tim bisa muncul.

Banyak Masalah SDM dan Bingung Mana yang Harus Diprioritaskan?

Gunakan tool gratis yang kami sediakan ini dengan Klik Tombol di bawah ini, GRATIS

“Memang apa saja sih yang membuat karyawan tidak betah?”

1. Tidak Terbuka dengan Masukan 

Ketika seorang karyawan merasa umpan balik mereka tidak ditanggapi, mereka akan diam. Namun, inilah hal yang tanpa disadari seorang professional leader. Dengan tidak terbuka terhadap masukan dari karyawan, maka potensi untuk melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan sangat minim. Ini adalah salah satu hal yang membuat tim Anda seolah merasa bahwa ia tidak memiliki kontribusi yang signifikan dalam tim dan hanya menerima perintah dari atasannya saja. Maka, doronglah karyawan untuk bisa berbagi pikiran, diskusi, dan memberikan rekomendasi tentang proses dan prosedur pekerjaan mereka. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui beberapa sudut pandang baru dalam melihat suatu isu sekaligus memperkuat kepercayaan antara Anda dengan tim Anda satu sama lain. SIMAK CARA MEMBANGUN ENGAGEMENT YANG POSITIF DENGAN TIM ANDA DISINI.

2. Kurang Mengapresiasi Kinerja Tim

Ini mungkin juga jadi problematika jarang leader ketahui. Kurangnya apresiasi dari apa yang telah dicapai oleh karyawan. Misalnya, ketika karyawan di tim Anda sukses menggolkan proyek besar, sukses melampaui target, dan membantu Anda menyelesaikan isu yang sulit. Malah terkadang ada beberapa leader yang boro-boro memberikan bonus dan apresiasi, ucapan terima kasih saja kadang lupa diucapkan. Kalau sudah begitu, karyawan merasa tidak dihargai kerja kerasnya. Sebaiknya, perusahaan menerapkan sistem reward and punishment kepada karyawan. Agar yang berkinerja bagus, diberikan penghargaan atau apresiasi sekaligus membuat mereka mengetahui hal apa yang menjadi punishment bagi mereka. Tidak hanya itu, buatlah juga sebuah sistem yang mampu membantu mereka untuk memahami tugasnya dengan maksimal. PAHAMI CARA LEADER MERACIK SISTEM ORGANISASI TEPAT YANG DISINI.

3. Komunikasi yang Buruk

Kesalahan pertama yang sering sekali dilakukan para pemimpin dalam perusahaan. Komunikasi bukan sekedar membicarakan tugas kepada bawahan, memberikan instruksi, dan sekedar basa-basi dengan karyawan. Maksud dari komunikasi disini juga bukan sekedar cara leader menyampaikan keinginannya dalam ruang meeting, Melainkan juga bagaimana cara leader bisa menjalin hubungan interpersonal dengan tim nya yang tidak melulu soal kerjaan. Penggunaan teknik seperti direct dan indirect communication juga perlu leader kuasai untuk bisa menyampaikan pesan dengan maksud yang tepat, tidak menyinggung, dan sesuai konteks yang ingin disampaikan. Silakan Anda akses dan pelajari selengkapnya di VIDEO PEMBELAJARAN TEKNIK DIRECT & INDIRECT COMMUNICATION.

4. Tidak Peka Menyadari Konflik

Banyak para leader menunda menangani konflik untuk menghindari ketegangan dalam tim. Tapi, langkah tersebut justru berpotensi meningkatkan ketegangan. Selesaikan konflik dengan segera, tapi lakukan pada area netral dengan pikiran terbuka, lakukanlah diskusi dan bicarakan dengan baik-baik. Jadilah lebih sensitif terhadap perilaku karyawan, juga pahamilah berbagai macam karakter karyawan di tim Anda. Untuk bisa memudahkan Anda memahami dan memudahkan Anda berkomunikasi dengan berbagai macam karakter karyawan, segera AKSES DAN KUASAI TEKNIK 4 MAT SYSTEM.

Setelah Anda mengetahui empat hal tersebut, saya harap Anda bisa membuat karyawan di perusahaan lebih betah lagi dengan kemampuan leadership Anda. Kami juga mengajak Anda untuk belajar dan berdiskusi lebih banyak dengan leader-leader dan CEO yang inspiratif di LEADER’S TALK, silakan DAFTAR DISINI. Untuk Anda yang ingin belajar lebih banyak dan ingin menjadi seorang pemimpin yang kharismatik, segera akses kelas LEADERSHIP 101 dan ikuti workshop nya di ONLINE WORKSHOP BE DARE TO LEAD

Apabila Anda memiliki pertanyaan tentang leadership lebih lanjut, jangan sungkan menghubungi kami untuk berdiskusi di https://sinergiaconsultant.com/kontakkami 

Lets Connect!


Tags

Business Owner, Human Capital Practitioner, Leaders


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>