7 MEDIA IKLAN MENEMUKAN KANDIDAT TERBAIK

Mar 01

Bos : Ardi, segera cari 200 orang untuk pengembangan divisi baru.
Ardi : Siap Pak, rencana mulai beroperasi kapan Pak?
Bos : Masih 3 bulan lagi. Tapi cari mulai sekarang, biar dapat karyawan terbaik.
Ardi : Baik Pak, saya segera mulai proses rekrutmennya

Hai Human Capital Practitioner,

Pernah dalam posisi Ardi, seorang Human Capital Practitioner, yang mendapat tugas rekrutmen untuk jumlah besar dalam waktu yang relatif singkat? Eh apalagi ada pesan sponsor untuk bisa mendapatkan karyawan terbaik juga? Kira-kira apa saja yang perlu dilakukan oleh Ardi untuk membantu proses rekrutmennya berjalan dengan lancar, dan mampu mendapatkan kandidat impian?

Dalam kasus seperti ini, seringkali Human Capital Practitioner merasa bingung dan ragu. Bagaimana mencari kandidat yang tepat sesuai kualifikasi yang diingikan, seringkali menjadi tantangan. Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma, demikian juga proses mencari kandidat karyawan. Yang seringkali justru dilewatkan oleh banyak HC Practitioner, hanya karena fokus pada salah satu strategi saja. Justru, dalam mencari kandidat dengan jumlah yang banyak, harus membuka segala peluang dan menerapkan berbagai strategi dan cara untuk bisa memperoleh kandidat impian perusahaan.

Keputusan yang kurang tepat, tentu saja akan memiliki konsekuensi. Misalnya saja, proses pencarian menjadi terkesan lambat, tidak efektif menemukan kandidat yang tepat, membuang waktu untuk mensortir lamaran yang masuk, membuang energi untuk proses tes seleksi, dan mungkin banyak investasi atau biaya yang harus di keluarkan.Kejadian seperti ini akan menjadi lingkaran yang akan terus berputar apabila proses rekrutmen tidak benar-benar dipersiapkan secara matang.

Nah, dalam artikel kali ini, akan dibahas secara khusus mengenai pemasangan iklan lowongan kerja. Media informasi apa saja yang bisa dipakai untuk mencari kandidat impian ini. Sebab dengan mempublikasikan di media yang tepat bagi perusahaan Anda, maka akan dengan cepat, mudah dan tepat pula Anda menemukan kandidat Anda

#1

MEDIA MASA SURAT KABAR

Kapan terakhir kali Anda memasang iklan lowongan kerja di Surat Kabar atau koran? Pada masanya, surat kabar menjadi sebuah media andalan untuk memasang iklan lowongan kerja. Jumlah kolomnya bahkan bisa diperbanyak hingga 2 sampai 3 kali lipat di hari dan kesempatan tertentu.

Namun, mari kita lihat bagaimana kondisi yang terjadi sekitar 5 tahun belakangan ini? Kita bisa mengamati, jumlah perusahaan pemasang iklan lowongan kerja di surat kabar mengalami penurunan yang cukup drastis. Perusahaan yang masih memasang iklan di surat kabar, memilih iklan lowongan baris, yang biayanya lebih rendah dan ekonomis. Jika pun ada yang memasang dalam bentuk iklan kolom atau kolom khusus, biasanya untuk posisi jabatan yang lumayan tinggi.

Kita tahu terbatasnya iklan baris, membuat HC Practitioner harus pandai-pandai membuat iklan lowongan. Mulai memilih teks lowongannya, meletakkan informasi pekerjaannya dan pandangan yang jelas posisi apa yang sedang dibuka, menjadi hal penting yang dalam pemasangan iklan lowongan baris ini. Maka, pekerjaan atau posisi yang cocok untuk iklan lowongan baris ini adalah posisi pekerjaan yang sangat operasional, teknikal, secara umum juga diketahui oleh banyak orang. Akan kesulitan saat Anda harus meletakkan posisi seorang Manajer Operasional hanya dengan menggunakan iklan baris saja. Maka, tidak hanya pesan yang tidak tersampaikan, namun sebenarnya Anda juga sedang menseleksi siapa yang membaca pesan Anda. Kualitas kandidat yang akan melamar pun dipertaruhkan.

Saat Anda menggunakan iklan kolom, Anda memiliki tempat meletakkan informasi yang cukup besar. Maka bisa saja, Anda menampilkan banyak informasi dalam sebuah iklan lowongan kerja yang ada atau pada posisi tertentu. Namun adapula perusahaan yang menjadikan iklan lowongan kerja di koran sebagai sarana Promosi dan branding perusahaan. Dengan demikian, sebenarnya perusahaan sedang berusaha menarik kandidat karyawan yang potensial, yang mungkin mau bergabung dan mengikuti proses rekrutmen yang ada, dengan penampilan, desain serta teks yang sangat dirancang sebelumnya.

Hal yang perlu disadari juga oleh HC Practitioner, terkait dengan media surat kabar ini, adalah untuk melihat cakupan wilayah penyebaran surat kabar yang ada. Apakah penyebarannya masih termasuk dalam wilayah kerja perusahaan atau tidak. Sayang sekali jika sudah terlanjur memasang iklan, tetapi ternyata pembacanya cenderung jauh dari lokasi perusahaan, sehingga untuk proses rekrutmen dan ketika karyawan diterima, akan membutuhkan biaya yang lebih besar bagi kedua belah pihak.

#2

MEDIA MASA RADIO & TELEVISI

Ada yang pernah memasang iklan lowongan kerja di radio atau televisi? Kelihatannya sangat minim ya…  Hal yang sering menjadi pertimbangan adalah biaya yang cukup tinggi untuk sekali penayangan iklan. Jikapun berhasil memasangnya, ketepatan pemilihan waktu siaran iklan menjadi salah satu yang cukup menentukan efektivitas iklan.

Sudah diketahui bersama bahwa memasang iklan apapun itu di radio atau televisi, hanya bisa berdurasi sekian detik saja. Artinya ini juga berlaku untuk iklan lowongan kerja dari perusahaan. Sehingga penggunaan waktu atau durasi iklan juga menjadi pertimbangan lainnya.

Beberapa tahun yang lalu, masih ada beberapa perusahaan besar yang memasang iklan lowongan di media ini. Meskipun biasanya untuk keterangan detailnya terkait posisi dan tawaran lainnya, pendengar atau penonton akan di arahkan ke sebuah media lainnya untuk mendapat informasi yang jauh lebih lengkap.

Hampir mirip dengan media surat kabar, jangkauan siar yang luas tentu saja menjadi sebuah point yang menarik bagi perusahaan sebagai pemasang iklan. Terutama jika memang area kerja perusahaan tersebar luas, ataupun posisi jabatan yang dicari memang berjumlah banyak.

Maka, memasang iklan di radio dan televisi, sebenarnya juga digunakan untuk kepentingan promosi dan branding perusahaan, yang secara khusus mampu mendongkrak penjualan produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Maka, perusahaan yang memang sedang dalam rangka membangun branding dalam kaitannya dengan SDM, akan sesuai menggunakan media ini. Contohnya saja, seperti pada iklan beasiswa dari satu foundation tertentu untuk merekrut kandidat terbaik yang dipersiapkan menjadi future leader.

#3

PORTAL IKLAN LOWONGAN KERJA

Semenjak 5-6 tahun lalu, sempat booming iklan lowongan kerja melalui portal iklan lowongan yang secara khusus mempertemukan perusahaan pemasang iklan dengan pencari kerja melalui dunia internet. Apakah Anda juga menggunakannya HC Practitioner?

Ada 2 job portal yang memang banyak digunakan oleh HC Practitioner. Kami membaginya menjadi, pemasangan iklan yang berbayar versus dengan yang gratis. Tentunya dengan media yang gratis, kita tahu bahwa portal yang diciptakan masih nampak sangat sederhana. Sedangkan dengan portal yang bebayar, sistem yang diciptakan sudah lebih canggih. Salah satunya, adalah membuat job portal tersebut bisa menghubungkan antara kandidat dengan perusahaan secara langsung dan digital, dengan fitur yang sangat mudah digunakan (user friendly).

Maka dengan portal yang bebayar seringkali kandidatnya adalah mereka yang telah memiliki pengalaman sebelumnya, sehingga berani menginvestasikan potensinya untuk suatu profesi yang lebih baik. Bedanya dengan job portal yang gratis, databasenya akan lebih banyak ditemukan pencari kerja yang baru, dan belum memiliki kompetensi serta pengalaman yang beragam.

Job portal tentu memudahkan HC Practitioner saat ini. Apalagi dengan perkembangan teknologi, membuat gaya hidup manusia yang berubah, dari konsumsi media cetak menjadi konsumsi media online. Maka hal inilah yang membuat job portal dapat menjadi pilihan yang menarik saat mencari kandidat impian Anda. Anda juga dapat melakukan trial (uji coba) portal yang banyak membantu kami di www.asesme.com.

Sayangnya akhir-akhir ini kami mulai meragukan kualitas pelamar yang ada di job portal. Beberapa klien kami pun mengeluhkan hal yang sama. Sistem yang terbuka dan makin dipermudah, bisa menjadi salah satu pengaruhnya, sehingga kandidat dengan mudah mengakses informasi. Maka, sebagai seorang HC Practitioner, kita tetap perlu memilih dan memilah posisi pekerjaan yang sesuai dengan penggunaan job portal. Contohnya, apabila Anda mencari seorang IT maka sebaiknya Anda menggunakan job portal ini.

#4

MEDIA KOMUNIKASI PERPESANAN

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir pula, dunia teknologi telah berkembang pesat dalam hal aplikasi komunikasi antar manusia. Bila dahulu perlu mengirimkan pesan singkat atau dikenal dengan nama SMS dengan biaya lumayan tinggi serta jumlah pesan yang terbatas, kini sudah banyak aplikasi sejenis yang secara biaya cenderung lebih murah serta tidak ada batasan dalam mengirimkan pesan, misalnya saja BBM, Whatsapp, Line, Telegram dan masih banyak lainnya.

Hampir setiap hari, melalui berbagai media, ratusan lowongan kerja yang berasal dari berbagai macam lokasi dapat disebar baik melalui grup ataupun pesan berantai (broadcast message). Apalagi saat Anda tergabung atau pada grup pesan tertentu. Maka, yang menjadi tantangannya, bagaimana iklan lowongan Anda melalui pesan ini menarik untuk dibaca?

Maka sebenarnya, Anda dapat memastikan konten lowongan yang Anda bagikan, dan bagaimana Anda sendiri juga tertarik membacanya. Anda dapat melampirkan foto, poster ataupun menyertai dengan emoticon saat mengirimkan pesan iklan tersebut. Sebaik-baiknya posisi yang Anda tawarkan di perusahaan, namun selama iklan tersebut tidak menarik, maka Anda juga akan kesulitan mendapatkan kandidat impian Anda. Anda dapat juga mengakses contoh iklan yang menarik dengan bergabung di media pembelajaran kami HCA Membership.

#5

POSTER PENGUMUMAN DI KAMPUS ATAU SEKOLAH

Lembaga pendidikan seperti sekolah atau kampus merupakan salah satu tempat yang tepat untuk menjadi media yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk memberikan informasi lowongan pekerjaan. Terutama jika segmen kandidat karyawan merupakan lulusan baru dengan kemampuan yang spesifik.

Mayoritas perguruan tinggi atau sekolah menengah kejuruan, memiliki sebuah unit teknis untuk menyalurkan lulusan yang ada ke perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Bahkan terkadang penyaluran lulusan ini juga mempengaruhi proses akreditasi institusi pendidikan yang ada. Sehingga dinamika yang sebenernya terjadi adalah hubungan yang saling menguntungkan antara institusi pendidikan dengan perusahaan. Apalagi jika institusi pendidikan dapat menjamin kualitas dari kandidat yang ada. Sebab, kandidat tersebut juga akan membawa nama baik dari institusi pendidikan

Maka, apabila kualifikasi kompetensi Anda telah sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh institusi pendidikan, pemasangan iklan ini, akan menjadi salah satu strategi yang efektif dalam mencari kandidat impian Anda.

Tidak hanya untuk lulusan baru, informasi pemasangan iklan lowongan di institusi pendidikan ini juga dapat membantu perusahaan menemukan professional yang tepat. Sebab seringkali mereka tetap terhubung dengan ikatan alumni yang menjadi asset institusi pendidikan.

#6

SPANDUK

Spanduk merupakan salah satu sarana yang di gunakan perusahaan untuk memberikan informasi lowongan pekerjaan. Spanduk dapat di letakkan di tempat - tempat tertentu yang strategis. Bagi anda yang memiliki lokasi perusahaan di jalanan yang ramai dilalui orang, memasang di lokasi perusahaan tentu saja menjadi sebuah pilihan yang menarik. Orang yang membacanya tinggal menyiapkan persyaratan yang ada, dan tinggal masuk ke perusahaan untuk menjalani proses rekrutmen yang ada. Namun, Anda tetap perlu mengetahui peraturan dan regulasi daerah sekitar terkait dengan pemasangan spanduk di area tertentu.

Keterbatasan tempat dalam spanduk, tentu saja menjadi sebuah persoalan untuk menampilkan detail lowongan yang ada. Cara menuliskan konten iklan lowongan menjadi sebuah kemampuan yang sangat perlu dikuasai. Karena dengan biaya yang cukup tinggi, spanduk Anda juga harus dapat mendatangkan kandidat impian perusahaan. Maka desain, informasi menjadi hal yang harus menjadi pertimbangan di media ini.

#7

MENGIKUTI BURSA KERJA / JOB FAIR

Saat ini banyak juga yang mengadakan pameran atau bursa kerja, yang lebih dikenal dengan istilah Job Fair. Dari beberapa pengalaman, ada beberapa karakteristik Job Fair yang perlu Anda ketahui sebagai seorang HC Practitioner.

Yang pertama, diadakan oleh institusi pemerintah yang biasanya diselenggarakan oleh bidang ketenagakerjaan, atau Disnaker. Terkadang bisa diadakan setingkat kabupaten/kota atau bahkan secara provinsi. Dalam Job Fair demikian, biasanya kandidat yang hadir dalam jumlah yang sangat besar. Hal ini dikarenakan jangkauan data yang dimiliki disnaker sangat luas dan didukung oleh pemerintah setempat.

 Kedua, job fair yang diadakan oleh institusi pendidikan. Biasanya waktunya berdekatan dengan wisuda di setiap institusi. Perlu menjadi catatan dan perhatian HC Practitoner ketika mengikuti job fair ini adalah apakah memang posisi yang ditawarkan, memang sesuai dengan jurusan yang ada di institusi tersebut. Jika tidak, maka Anda akan sia-sia saja mengikuti job fair. Ketiga, Job Fair yang dilaksanakan oleh pihak swasta. Maka, akan ada orientasi bisnis yang melatarbelakangi kegiatan ini. Sehingga pada beberapa job fair, terkadang ada kebijakan retribusi untuk kandidat pelamar yang ingin menjadin peserta job fair. Dan sering ditemui pula, dengan adanya biaya yang harus diinvestasikan kandidat, maka menseleksi kandidat itu sendiri, bahwa mereka yang bergabung adalah kandidat yang siap dalam bekerja.

Human Capital Practitioner, itulah 7 media yang dapat Anda gunakan dalam mempublikasikan iklan lowongan kerja untuk perusahaan Anda. Namun yang perlu Anda pelajari dan ketahui lebih lanjut adalah kemampuan HC Practitioner dalam memetakan kebutuhan kandidat yang akan bergabung. Semakin spesifik dan jelas kebutuhan kandidat Anda, maka akan lebih mudah menemukan kandidat tersebut.

Banyak aspek yang mempengaruhi, bukan hanya dari media publikasi saja, namun konten, desain dan bahkan budaya kerja Anda akan mempengaruhi. Atau cara yang lebih mudah, Anda dapat terhubung dengan program consultant kami dan mendiskusikan kebutuhan rekrutmen Anda di www.sinergiaconsultant.com/kontakkami


Let’s CONNECT!
>