March 21, 2024

4 Opsi Benefit Karyawan bagi Anda yang Sedang Efisiensi Budget!

0  comments

Apa yang muncul di pikiran Anda ketika mendengar compensation and benefit

Sebagai HR yang berkutat dengan payroll, hal yang terbesit di benak Anda adalah rumus skala upah, serta barang-barang berharga yang memotivasi karyawan. Sebagai pemilik bisnis, Anda akan langsung menyorot total jumlah rupiah yang akan dikeluarkan untuk budgeting benefit di perusahaan Anda.

Padahal, ada banyak pilihan benefit ramah biaya yang bisa Anda hadirkan bagi karyawan. 

Let’s be creative!

Dalam keadaan ekonomi yang tidak pasti, efisiensi anggaran menjadi salah satu perhatian utama bagi banyak perusahaan. Namun, meskipun sedang mengutamakan efisiensi, memberikan benefit karyawan yang menguntungkan tetaplah penting.

Benefit di perusahaan merujuk pada penghargaan dan imbalan tambahan yang diberikan kepada karyawan selain dari gaji pokok. Benefit bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup karyawan, memotivasi produktivitas, dan meningkatkan kepuasan kerja. Ketika berbicara mengenai motivasi dan kualitas hidup, mindset kita seringkali tertuju pada hal-hal besar yang akan menjadi penggerak seseorang untuk meningkatkan performanya, seperti bonus, kenaikan gaji, hingga pemberian benda-benda berharga. 

Apabila kita sedikit menggeser sudut pandang, mari kita coba menelusuri kepingan kecil yang membuat seseorang merasa dihargai dan dimanusiakan. Bisa jadi, dari kepingan kecil tersebut akan hadir banyak bentuk benefit yang mungkin kita lewatkan. Beberapa contoh benefit di bawah ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda para Business Owner dan HR.

1. Sarapan

Anda mengkhawatirkan biaya makan siang karyawan? Anda bisa menyediakan kopi, roti tawar, serta mentega atau selai di kantor sebagai quick breakfast. Benefit ini dapat membantu karyawan Anda menghemat waktu saat berangkat bekerja, serta menghemat pengeluarannya di pagi hari. Selain itu, quick breakfast di kantor juga dapat menciptakan suasana yang nyaman dan kolaboratif di pagi hari, di mana karyawan dapat bertemu dan berinteraksi sebelum memulai aktivitas kerja. Adanya benefit ini bisa menjadi momen yang menyenangkan untuk membangun hubungan tim yang lebih kuat dan memperkuat budaya perusahaan. Jangan lupa untuk mengomunikasikan benefit ini kepada karyawan Anda dan libatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan terkait. Mereka mungkin memiliki ide atau preferensi lain yang perlu dipertimbangkan. Mari ciptakan suasana kantor yang menyenangkan dan suportif bersama-sama!

2. Kesempatan untuk Bekerja dari Rumah (WFH)

Tren work from anywhere (WFA) dan work from home (WFH) yang sedang naik daun di era ini juga bisa menjadi salah satu bentuk benefit. Anda bisa memberi kesempatan pada karyawan untuk bekerja dari rumah dengan batasan jumlah tertentu. Dengan menerapkan benefit ini, Anda juga memberi kesempatan bagi karyawan untuk memiliki waktu bersama keluarganya di rumah.

3. Learning Wallet

Learning wallet merupakan sebuah benefit yang cukup sayang untuk dilewatkan bagi karyawan Anda yang suka belajar dan ingin upgrade skill. Benefit ini berupa alokasi dana bagi karyawan yang ingin mengikuti seminar, kelas pelatihan, maupun workshop sesuai dengan kompetensi yang ingin dikembangkan. Selain itu, perusahaan juga mendapatkan karyawan yang lebih kompeten dan beradaptasi dengan perubahan teknologi dan kebutuhan pasar yang terus berkembang. Jika Anda ingin mengantisipasi penyalahgunaan dana, maka buatlah dompet belajar yang tidak bisa diuangkan.

4. Berlibur Bersama

Mengadakan liburan bersama karyawan 1 tahun sekali dapat menjadi opsi hemat biaya yang juga membantu Anda dalam meningkatkan employee engagement. Selain itu, liburan bersama juga dapat meningkatkan kepuasan kerja dan motivasi karyawan. Dalam suasana santai dan kebersamaan, karyawan dapat meringankan diri sejenak dari stres, mengisi ulang energi, serta merasa dihargai oleh perusahaan. Liburan bersama juga mempengaruhi citra positif perusahaan Anda, karena kegiatan ini menunjukkan bahwa perusahaan peduli terhadap kebahagiaan karyawannya.

Small Things Matter!

Seperti yang terlihat, beberapa pilihan benefit di atas bukan berupa benda yang jumlahnya fantastis. Meskipun dalam rangka efisiensi biaya, kehadiran benefit yang terdiri atas hal-hal sederhana tetap dapat membantu Anda meningkatkan motivasi kerja, kualitas hidup, dan kepuasan kerja karyawan. Hal-hal sederhana seperti fleksibilitas tempat bekerja, persediaan cemilan, dana belajar sebagai peluang pengembangan diri, serta waktu berlibur bersama perusahaan dapat memberikan dampak yang besar dalam meningkatkan kualitas hidup karyawan secara keseluruhan. Benefit-benefit tersebut memberikan perhatian pada aspek kesejahteraan dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif, sehingga dapat membantu meningkatkan performa perusahaan secara keseluruhan.

What’s Next?

Business Owner dan HR, saatnya Anda meninjau kembali skema ini di perusahaan Anda. Sudahkah budget friendly? Evaluasi kembali skema kompensasi dan benefit merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa perusahaan Anda memberikan benefit yang relevan, sekaligus tetap sesuai dengan anggaran yang ada. Dalam meninjau kembali skema tersebut, pertimbangkanlah beberapa hal, seperti efektivitas benefit yang saat ini diberikan, kebutuhan dan preferensi karyawan, serta perkembangan tren di lapangan. Pastikan bahwa setiap benefit yang diberikan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi karyawan, termasuk meningkatkan motivasi, kualitas hidup, dan kepuasan kerja mereka.

Dengan memperhatikan aspek tersebut, Anda dapat menyusun skema kompensasi dan benefit yang seimbang, memenuhi kebutuhan karyawan, dan tetap efisien dari segi anggaran. Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam meninjau skema kompensasi dan benefit, silakan hubungi tim kami di KONTAK KAMI.

Dyah Shanty Prameswari


Saya merupakan seorang yang selalu lapar akan pengetahuan baru, update, serta banyak penyusun lainnya. Human captal merupakan keilmuan yang saya kuasai dengan beragam dinamika didalamnya, mengelolah manusia dalam setting organisasi perencaranaan dan melaksanakan pengembangan untuk kebaikan dirinya dan organisasi secara umum.


Tags


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>